Jama’ah Masjid Al Marjan Sumber Antusias Kurban 15 Ekor Kambing dan 5 Ekor Sapi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Berkurban merupakan sebuah kesunahan yang sama sekali tidak memberatkan bagi warga Desa Sumber, kecamatan Sumber. Pada Idul Adha kemarin,Masjid ini mengadakan kurban berupa 15 ekor kambing dan lima ekor sapi. Kurban diadakan di halaman Madrasah Diniyah (Madin) atau belakang Masjid Desa Sumber, dilaksanakan acara prosesi penyembelihan hewan kurban, Rabu (22/8/2018).

Pelaksanaan penyembelihan hewan dilaksanakan sesaat setelah sholat idul adha yaitu pukul 07.30 WIB sampai selesai. Sholikin, panitia kurban mengatakan, kurban ini adalah kurban dari jemaah Masjid Al Marjan Sumber yang terdiri atas masyarakat Rt 01 sampai Rt 04, serta UPK Kecamatan Sumber.

Sholikin mengatakan, kegiatan kurban ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Menurut masyarakatnya, berkurban merupakan bagian dari ibadah yang dianjurkan. “Kurban tidak hanya memiliki makna religus vertikal dengan Tuhannya, tetapi juga memiliki makna yang lain yaitu makna sosial dalam membangun hubungan antar sesama manusia,” kata Sholikin.

Ketika pelaksanaan penyembilahan kurban, warga dari dukuh sekitar juga antusias dalam menyaksikan prosesi pemotongan hewan kurban. Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, panitia juga menggandeng dokter hewan setempat untuk memastikan keamanan daging kurban serta mengantisipasi adanya cacing hati. “Alhamdulillah semua hewan dinyatakan layak,” ujar sholikin.

Didampingi penasehat masjid, Ta’mir masjid mendistribusikan daging kurban ke sekitar dukuh Sumber sebanyak 700 anggota keluarga. Pembagian hewan kurban sendiri berlangsung sampai sore dan panitia tetap semangat saling membantu dalam mendistribusikan daging kurban.

“Tujuan kurban sendiri di antaranya adalah membangun rasa empati terhadap sesama dan semoga bermanfaat bagi penerima kurban,” pngkas Sholikin. –dwi-iq/bd