Jemaah Haji Adakan Istighosah Untuk Warga Lombok

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Jemaah haji asal Kabupaten Rembang menggelar istighosah untuk warga Lombok, Provinsi Nusa Teggara Barat yang kini tengah tertimpa musibah gempa bumi. Istghosah tersebut diadakan pada Kamis (9/8/2018) di maktab.

Istighosah tersebut diadakan oleh jemaah yang tergabung dalam kloter 63. Sekitar 350 jemaah haji melantunkan rangkaian doa yang dipimpin oleh KH Aufal Marom. Demikian dilaporkan dari makkah oleh petugas haji, Afiq Munawwar ketika dihubungi redaksi pagi tadi.

Afiq mengatakan, istighosah tersebut diadakan dalam rangka mendoakan warga Lombok yang sudah beberapa hari ini mengalami musibah besar berupa gempa bumi.

“Di tanah suci ini, kami berdzikir dan berdoa untuk masyarakat Lombok. Semoga bencana berakhir dan kondisi mereka cepat pulih. Kami memohon kepada Allah agar warga yang tertimpa musibah di sana selalu diberikan ketabahan,” kata Afiq.

Selain itu, istighosah juga untuk mendoakan kepada seluruh jemaah asal Rembang agar selalu diberikan kesehatan, sehingga bisa menunaikan ibadah haji dengan sempurna.

Sebagaimana yang dikabarkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, sekitar separuh dari 789 jemaah asal Rembang mempunyai penyakit tertentu. Untuk itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah meminta kepada jemaah untuk meminum air zam-zam sebanyak-banyaknya ketika di tanah suci. Sebab, hal itu bisa menjadi lantaran sembuhnya penyakit.

Sementara untuk kloter 62 yang rata-rata tergabung dalam KBIH Al-Ibriz, jemaah tengah melaksanakan dam penyembelihan kambing. “Ini untuk jemaah yang melakukan haji tamattuk,” kata petugas Haji kloter 62, Nuryatin.

Adapun jadwal hari ini, nanti malam akan melaksanakan umroh sunah dengan mengambil miqot tan’im untuk kloter 63, dan miqot ji'ronah untuk kloter 62. “Kemarin sudah umroh sunah, ini nanti malam mau umroh sunnah lagi,” kata Nuryatin. — iq/bd