081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

P3H Klaten, Pusatkan Satu Titik Penjemputan Jemaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Untuk tahun ini 2018, P3H (Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji) Kabupaten Klaten siap menyambut pemulangan jemaah haji yang dipusatkan disat titik lokasi penjemputan di komplek GOR Gelarsena. Demikian di sampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif dalam rapat koordinasi pemantapan P3H (Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji) Kabupaten Klaten, yang bertempat di lantai 2 Aula Kopenda Kemenag Klaten. Diikuti seluruh P3H dari unsur Pemda Klaten, Kemenag Klaten, Polres Klaten, PMI, ORARI/RAPI dan Kepala KUA, (7/09).

“Ini merupakan tidak lanjut rapat yang pertama, dan merupakan hasil final yang telah disepakati bersama, pemulangan jemaah haji Kab. Klaten 1439H/2018M dari Asrama Haji Donohudan ke Klaten. Dengan rute melewati jalan utama Solo-Jogja langsung menuju GOR Gelarsena Klaten, dan memakan waktu kurang lebih satu jam sampai titik penjemputan,” kata Masmin.

“Kepada semua panitia, diharapkan melaksanakan tugas dengan baik dan tanggung jawab, agar proses penjemputan sebagai bentuk pelayanan terbaik yang kita berikan kepada jemaah haji,” tandasnya.

Sudah menjadi permasalahan yang klasik dari tahun ke tahun, mengatur penjemput atau keluarga jemaah haji agak sulit, komunikasi koordinasi diantara petugas dan penjemput mutlak diperlukan untuk kenyamanan bersama. Jadi P3H untuk mengantisipasi hal tersebut, diberlakukanlah kebijakan hanya satu orang yang menjemput.

“Untuk ketentuan penjemput atau keluarga jemaah haji, hanya 1 (satu) orang yang bisa masuk ke Komplek GOR Gelarsena, dengan menunjukkan tanda masuk GOR (tanda masuk sama dengan pada saat pemberangkatan), penjemput/keluarga dihimbau agar tidak menjemput di Donohudan,” harap Masmin.

Hal senada disampaikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Klaten, “Semua jemaah haji asal Klaten sudah ada petugas yang menjemput, keluarga tidak boleh ke Asrama Haji Donohudan, lebih baik menunggu di GOR Gelarsena.” himbau M Yusuf.

Ditambahkan pula, untuk pengambilan koper akan dipusatkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, dengan menunjukkan tanda terima penyerahan koper dari Kemenag pada saat pengumpulan koper. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dan memperlancar baik keluarga dan jemaah haji dalam penjemputan dan juga pengambilan koper, semoga semua bisa memahami aturan yang kita buat bersama.

Jadwal kepulangan jemaah haji kloter 42, 43, 44 dan 45 tiba di SOC, 10 September 2018, Jam 02.20 WIB, 07.20 WIB, 12.25 WIB, dan 15.20 WIB. Sedangkan kloter 95 tiba 26 September 2018, Jam 13.00 WIB.(aj/sua)