081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Persiapan Kemenag Klaten Jelang UASBN PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten melalui Seksi PAIS mengadakan Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI). Kegiatan yang dilaksanakan di RM Kakung Sableng ini di ikuti 60 peserta yang terdiri dari KKG SD dan MGMP SMP, SMA/SMK se-Kab. Klaten, Kamis (14/3).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Anif Solikhin, dalam sambutannya mengatakan, persiapkan ujian PAI bagi peserta didik lebih dini, agar hasil yang di capai akan sesuai dengan harapan kita semua.

“Pelaksanaan USBN PAI tahun pelajaran 2018/2019 harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, baik materi dan kelengkapan pendukung lainnya sehingga hasilnya akan maksimal,” ujar Anif.

Kemenag akan selalu memberikan pembinaan bagi guru PAI, demi keberhasilan siswa dan seluruh komponen yang ada, baik mental spiritual dan pengetahuannya.

“Semoga dengan kegiatan ini menjadi pemacu dalam meningkatkan mutu penilaian Pendidikan Agama Islam, dan menjadi acuan pencapaian kompetensi lulusan,” harapnya.

Kasi PAIS, Bakri, menegaskan kepada guru PAI agar selalu dan semakin meningkatkan kualitas pengetahuan SDM dan kompetensi.

“Profesionalisme dan kompetensi guru PAI mutlak diperlukan, semakin tinggi pengetahuan akan meningkatkan mutu peserta didik,” ungkap Bakri.

Selain itu harapnya untuk bisa menjaga integritas selama pelaksanaan USBN, bagi guru dan juga Kepada Sekolah penyelenggara. Kerahasiaan soal harus tetap terjaga hingga saatnya ujian nanti, agar kualitas nilai tetap terjaga. Guru PAI diharapkan juga dapat memahami kisi-kisi yang yang sudah ada, dapat menuangkannya dalam bentuk soal yang akan diujikan bagi siswa.

Selanjutnya, terkait hasil ujian tahun lalu yang belum baik perlu diperbaiki dan disempurnakan, sedangkan yang sudah baik di tingkatkan lagi semaksimal mungkin.(sm-aj/sua)