Bersih-Bersih Rumah Ibadah, Awali HAB ke-75 di Kemenag Klaten

Klaten – Bakti sosial membersihkan sejumlah rumah ibadah mengawali peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Rabu (30/12) di Masjid Nurul Jannah, Bener, Malangjiwan, Kebonarum, Kawedanan Kota, dalam rangka menyambut HAB ke-75 tingkat Kabupaten Klaten dengan menggelar serangkaian kegiatan.

Kasi Bimas Islam Kemenag Klaten, Hartanto, selaku koordinator Bakti Sosial mengatakan peringatan HAB di Klaten pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, tahun ini hanya ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan.

“Kegiatan bakti sosial dengan membersihkan sejumlah masjid di Klaten, gerakan peduli masjid  dalam bentuk bersih-bersih. Kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan di lima masjid yang berada di wilayah Klaten,” tandas Hartanto.

Bakti sosial bersih rumah ibadah, kebersihan di masjid memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang beribadah. “Membersihkan lingkungan sekaligus telah melaksanakan sebagian himbauan Nabi Muhammad,” katanya.

“Kegiatan ini dalam rangka mendekatkan Kementerian Agama dengan masyarakat, sekaligus menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang menyejukkan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam beribadah di masa pandemi yang belum berakhir ini,” tegas Kasi Bimas.

Selanjutnya, pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa alat kebersihan, Al Qur'an dan Buku Hadits Bullughulmarom kepada pengurus masjid setempat. “Acara seperti ini sangat penting, termasuk Kemenag memberikan bantuan seikhlasnya untuk kemakmuran rumah ibadah,” sebutnya.

Hartanto menambahkan, kegiatan tersebut tidak lain ingin mengajak dan memotivasi semua untuk bersama-sama merawat dan menjaga dengan baik rumah ibadah agar tetap bersih.

“Semoga bersih-bersih ini menjadi motivasi bagi kita khususnya para muslim untuk merawat dan menjaga rumah ibadah, karena selain penuh pahala juga berkah bagi kita semua,” imbuh Hartanto.(ri_aj/Sua)