Buku Khutbah Jum’at Covid-19 Diharapkan Mampu Tekan Perkembangan Covid19

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang telah mendistribusikan buku khutbah Jumat dengan tema penanggulangan Covid19 ke 585 Masjid di Rembang. Masjid tersebut terdiri atas Masjid Jami', Masjid Besar maupun Masjid Agung.

Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muhyidin mengatakan, penerbitan buku ini merupakan tindak lanjut koordinasi dengan Forkompinda beberapa waktu lalu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid19 di Kabupaten Rembang.

Penerbitan buku ini bekerjasama dengan ormas agama, yaitu MUI, Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rembang, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Rembang, PCNU Lasem dan PD Muhammadiyah Rembang.

 “Setelah rapat dengan Forkompinda, kami melakukan ikhtiar penanggulangan Covid19 dengan menerbitkan buku ini. Buku disusun oleh para ulama bekerjasama dengan MUI, DMI, PCNU dan PD Muhammadiyah,” kata Ali ketika diwawancara Jumat (7/1/2021).

Buku khutbah ini memiliki tebal 40 halaman dan berisi tentang himbauan-himbauan kepada muslimin untuk secara aktif turut menanggulangi Covid19. Ali mengatakan, dengan peran aktif para khatib untuk memberikan ceramah kepada masyarakat, angka perkembangan pasien terpapar Covid di Kabupaten Rembang diharapkan semakin menurun hingga terbebas dari status zona merah. Selain itu juga mendoakan masyarakat yang terpapar Covid-19, baik yang masih sakit atau yang meninggal dunia.

Beberapa pengisi khutbah Jumat tersebut antara lain Ketua Umum MUI Kabupaten Rembang, KH. Muhammad Munib Muslich, Ketua MUI Kabupaten Rembang, KH. Atho'illah Muslim, Ketua PCNU Rembang, KH. Achmad Sunarto, Ketua PD. Muhammadiyah Kabupaten Rembang, KH. Anshori Sholeh, Ketua PD DMI Kabupaten Rembang, KH. Musthofa, dan lainnya.  (iq/qq)