Dilantik jadi Kepala KUA, ini yang akan dilakukan Nur Hamid

Rembang – Menduduki jabatan baru sebagai Kepala KUA, membuat Nur Hamid harus mau belajar banyak hal. Demikian disampaikan Nur Hamid usai beberapa hari lalu dilantik oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang menjadi Kepala KUA Kecamatan Gunem.

Sebelumnya, Nur Hamid sudah lama berpengalaman menjadi penghulu. Terakhir yaitu sebagai penghulu di KUA Kecamatan Kragan. “Saya sudah lama menjadi penghulu KUA. Memang sudah cukup berpengalaman di KUA. Namun untuk memimpin KUA perlu belajar lebih banyak lagi,” kata Nur Hamid ketika diwawancara Minggu (31/1/2021).

Sebagai langkah awal menempati kantor baru, Nur Hamid mengadakan pisah sambut dengan Kepala KUA sebelumnya yaitu Suyatman (yang mendapatkan tugas baru sebagai Kepala KUA Kecamatan Sulang). Pisah sambut ini diadakan pada Kamis (28/1/2021) dengan dihadiri oleh segenap staf, Penyuluh Agama Honorer dan perwakilan P3N KUA Gunem.

Dalam sambutannya, Nur Hamid menyampaikan terima kasih kepada semua staf yang sudah menyambutnya dengan suka cita. Ia mengatakan akan segera melaksanakan tugas sebagai Kepala  KUA dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya warga Gunem.

“Apa yang akan menjadi program KUA ke depan akan kami laksanakan, tentunya dengan dukungan semua staf di sini,” kata Nur Hamid.

Dia memaparkan akan melaksanakan sejumlah program inovasi  untuk kemajuan KUA. Di antaranya, mengusulkan pavingisasi halaman dan membangun pagar samping kanan, belakang dan sebagian di kiri.

Sementara terkait mutu pelayanan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuat akun sosial media  resmi KUA, seperti YouTube, Instagram, FB, Twitter dan blog. Tujuannya, agar program kerja dan kegiatan bisa diunggah. “Akun medi sosial ini juga sebagai sarana edukasi dan informasi bagi masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengadakan inovasi layanan. Yaitu mengadakan konseling keluarga sakinah keliling. Program ini akan diadakan bersama dengan penyuluh non PNS. “Konseling keluarga sakinah keliling ini rencananya kami adakan ke desa-desa. Meniru program “Samsat keliling”. Namun kita masih berusaha mematangkan konsolidasi internal KUA. Selain itu juga masih mencari regulasinya dan mengkomunikasikan kepada Camat dan Kepala Desa se-kecamatan Gunem,” terangnya. — iq