Kakankemenag Beri Pembinaan di MTsN Salatiga

Salatiga – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman memberikan pembinaan dan bersilaturahmi kepada keluarga besar MTsN Salatiga. Dalam acara Pembinaan ASN dan Silaturahim Komite dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, di Aula MTsN Kota Salatiga, Rabu, (27/01). Kegiatan dihadiri oleh Kasubbag TU Kankemenag Kota Salatiga (H. M. Soleh Mubin), Kepala MTsN (H. Mudhofir), Ketua Komite MTsN (KH Abdul Nasir Asyari), dan dewan guru serta pegawai MTsN Kota Salatiga.

Kepala MtsN Salatiga, H. Mudhofir dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kakankemenag dan memperkenalkan MTsN dengan memaparkan profil, prestasi, visi, misi, dan tujuan MTsN Salatiga. Beliau juga menyampaikan bahwa pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas MTsN dalam pengelolaan madrasah ke arah yang lebih baik.

“Pembinaan merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas tata kelola madrasah, baik terkait dengan anggaran, guru, sarana prasarana, sistem informasi dan sistem pembelajarannya. Dalam pembinaan kali ini oleh Kakankemenag, kami harapkan ASN MTsN Salatiga akan mendapatkan hal yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas kerjanya,” jelas Mudhofir.

Turut hadir pula KH. Abdul Nashir Asyari sebagai Ketua Komite MTsN Salatiga. Selain memperkenalkan diri, beliau berharap di bawah kepemimpinan Kakankemenag yang baru, lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama akan semakin maju. Menurutnya Kakankemenag Kota Salatiga harus berupaya secara maksimal dan memberikan perhatian yang lebih dalam memajukan dunia pendidikan karena pendidikan adalah salah satu faktor utama dalam kemajuan dan perubahan suatu bangsa.

Pada acara inti, Kakankemenag memperkenalkan diri kepada keluarga besar MTsN Salatiga yang hadir pada pembinaan. Beliau mempersilahkan siapa saja yang ingin berkomunikasi dan bertemu dengan beliau, tentunya dengan memperhatikan etika birokrasi yan ada. Lebih lanjut, beliau menyampaikan beberapa informasi kedinasan dan komitmen bersama-sama dengan seluruh civitas untuk membesarkan MTsN.

Kakankemenag juga menyampaikan ada tiga kompetensi yang harus dimiliki oleh ASN. “ASN harus mempunyai tiga kompetensi yaitu knowledge, attitude, dan skill. Knowledge berarti pengetahuan, skill artinya keterampilan, dan attitude berarti sikap. Keselarasan dalam tiga kompetensi tersebut akan berpengaruh pada profesionalitas ASN dalam bekerja,” jelas Taufiq.

Lebih lanjut beliau menyampaikan pesan Menteri Agama kepada ASN Kemenag. “Dengan semangat Kemenag baru, kita harus berkomitmen mewujudkan Kemenag lebih baik yaitu dengan manajemen dan tata kelola birokrasi yang lebih baik, penguatan moderasi beragama, dan menguatkan persaudaraan,” pesan Taufiq.(Fitri-Khusnul/Sua)