Kankemenag Kota Salatiga Gelorakan Semangat “Kemenag Baru” pada Upacara HAB ke 75.

Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-75 Tahun 2021, Selasa (05/01). Bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, upacara diikuti oleh ASN dari Kankemenag, KUA, Guru DPK di sekolah umum dan dilaksanakan dengan tertib dan khidmat sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Sementara untuk satker negeri menggelar upacara sendiri di wilayah masing-masing, yang hanya diikuti guru tanpa melibatkan siswa.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Nurudin. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan bahwa  ASN Kemenag harus senantiasa menerapkan Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama dalam bekerja untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. Selain itu, sejalan dengan tema HAB tahun ini, yaitu “Indonesia Rukun”, beliau berharap di masa pandemi ini, Kemenag dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk demi terciptanya kehidupan keagamaan yang aman, damai, dan rukun.

“Mari kita bersama-sama menyongsong masa depan Kemenag yang lebih baik dengan semangat Kemenag Baru dan menerapkan lima nilai budaya kerja yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, keteladanan dalam setiap pekerjaan kita,” ujar Nurudin.

Sebelum membacakan amanat Menteri Agama RI, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menyematkan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI Joko Widodo kepada 19 ASN Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga yang diberikan secara simbolis kepada 3 (tiga) ASN yaitu Untoro (GPAI SMKN 1 Salatiga), Samsul Huda (Pelaksana Seksi Bimas Islam), dan M. Mudatsir (Penyuluh Agama Islam). Sedangkan total penerimaan Satya Lencana ada 104 ASN dengan rincian MAN Salatiga sebanyak 12 ASN, MTsN Salatiga 21 ASN, MTsS 3 ASN, MIN dan MIS 40 ASN, RA Salatiga 9 ASN, Guru DPK 6 ASN.  

Setelah pelaksanaan upacara, Kepala Kankemenag Kota Salatiga, Kasubbag TU, Kasi dan Gara serta seluruh pelaksana melaksanakan doa bersama dan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur atas peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke 75. Dengan semangat “Kementerian Agama Baru”, Kementerian Agama Kota Salatiga berharap menjadi institusi dengan penyelenggaraan pemerintahan yang yang baik, efektif, efisien untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). (Fitri-Khusnul/Sua)