Lomba Kebersihan dan Prokes Covid-19, Akhiri Peringatan HAB ke 75

Klaten – Meskipun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid 19, peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 75 di Kemenag Klaten tetap dilaksanakan, walaupun diperingati secara sangat sederhana. Biasanya banyak cabang lomba dan pertandingan yang diikutkan dalam menyambut hari lahirnya Kementerian Agama ini, namun kini hanya lomba Kebersihan dan Penerapan Protokol Kesehatan Covid 19 tingkat satker madrasah dan KUA.

Hal tersebut disampaikan koordinator juri, Retna Fithrotin, yang juga Kasi PD. Pontren Kemenag Klaten, saat melakukan penilaian di KUA Kemalang bersama tim juri lomba, (14/1).

Di hari pertama pelaksanaan penilaian kebersihan Madrasah dan KUA, KUA Kecamatan Kemalang menerima giliran pertama untuk dinilai, yang terbagi dalam lima kelompok KUA.

“KUA harus bersih, rapi dan indah. Penataan tempat sampah, dan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di lingkungan KUA menjadi bagian dari penilaian kami. Di masa pandemi yang belum berakhir ini prokes hal pokok yang wajib diterapkan sekarang,” tandas Retna.

Tim juri menilai aspek kebersihan beberapa fasilitas KUA yang akan dinilai dalam lomba tersebut. “Seperti peralatan pendukung, kebersihan komputer, lokasi toilet/WC, ruangan, kebersihan kursi, tempat cuci tangan, adanya handsanitiser dan alat pengukur suhu badan, hingga keramahan ASN dan pegawai,” katanya.

Tim juri dalam penilaian memberikan motivasi baik terhadap seluruh komponen yang ada di KUA, agar selalu menjaga kebersihan setiap saat dalam melayani masyarakat dan tidak bosan- bosannya untuk menerapkan protokol kesehatan baik petugas dan tamu yang datang ke KUA.

Sementara itu, Sugianto, Kepala KUA Kecamatan mengatakan, bahwasannya mereka selalu berusaha menjaga kebersihan lingkungan dan penerapan prokes Covid19.

“Kami selalu membiasakan setiap pegawai untuk bersih, mulai dari diri sendiri seperti mencuci tangan, kebersihan lingkungan seperti membuang sampah yang benar, kebersihan ruangan dan prokes Covid 19 tentunya,” tandas Sugianto.

“Semoga seluruh pegawai di KUA tetap sehat dengan selalu menerapkan pola hidup bersih dan menjalankan prokes yang telah ditetapkan,” imbuhnya.(so_aj/Sua)