MAN Salatiga Sambut Verifikator Dirjen Pendis Kemenag RI

Salatiga – Setelah melaksanakan berbagai rangkaian persiapan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), MAN Salatiga tiba pada tahap penilaian pendahuluan oleh verifikator. Hari ini, Kamis, (28/01), Verifikator Dirjen Pendis Kemenag RI, Dra. H. Siti Sakdiyah, M.Pd, terjun ke lokasi untuk melakukan verifikasi kelengkapan dokumen MAN, di Aula MAN Salatiga.

Kepala MAN Salatiga, H. Handono dan seluruh tim kerja PMPZI MAN Salatiga menyambut baik kedatangan verifikator. Turut hadir Kepala Sub. Bag. TU. Kankemenag Kota Salatiga, H. M. Soleh Mubin, dan Pengawas Madrasah jenjang MTs dan MA, H. Saefudin.

Untuk diketahui, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menetapkan Pilot Project Pembangunan ZI  menuju WBK dan WBBM pada 32 madrasah se-Indonesia. MAN Salatiga termasuk di dalamnya dan termasuk empat madrasah di Jawa Tengah yang menjadi Pilot Project, selain MAN Kudus, MAN Jepara, dan MAN IC Pekalongan.

Komitmen MAN Salatiga untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khusunya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik memerlukan keterlibatan dari seluruh guru dan pegawai di MAN Salatiga. Semua yang terlibat dalam pembangunan ZI, khususnya tim kerja PMPZI MAN harus bekerja keras dan mempunyai semangat tinggi untuk mewujudkan mimpi bersama.

Kepala MAN Salatiga, H. Handono sebelum penilaian memberikan paparan singkat terkait dengan hasil pembangunan ZI atau evidence/bukti dari enam pokja terkait melalui microsoft power point kepada verifikator. Beliau juga menjelaskan berbagai inovasi yang dikembangkan MAN Salatiga seperti MANSA Research, Tahfidzul Qur’an, dan kelengkapan sarana prasarana yang canggih.

“Saya memohon masukan, catatan, perbaikan dan evaluasi kepada Ibu Sakdiyah selaku tim verifikator, supaya MAN dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubbag TU Kankemenag Kota Salatiga memberikan sambutan singkat. “MAN Salatiga adalah pejuang ZI yang sudah mengerahkan seluruh jiwa raganya untuk membangun ZI. Bersama Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, kami bersama-sama berjuang memunculkan ZI di Salatiga. Mohon kiranya ibu penilai untuk memberikan nilai yang sesuai dan baik, supaya kami dapat melewati tahap berikutnya,” jelas Mubin.

Selaku verifikator, Siti Sakdiyah menyampaikan terima kasih atas sambutan MAN Salatiga yang begitu hangat dan baik. Terkait dengan penilaian, Verifikator Dirjen Pendis Kemenag RI ini menyampaikan evidence yang harus dilengkapi tiap pokja, seperti file di website yang harus bisa dibuka atau scan dokumen yang harus bisa terbaca. “Pekerjaan ini seperti pekerjaan roro jonggrang, semua harus memenuhi evidence dalam waktu yang singkat. Nah ini menjadi tantangan tersendiri untuk satker yang sudah mendeclare diri atau mempunyai komitmen untuk membangun ZI. Semoga evidence/bukti yang dikumpulkan sudah sesuai, sehingga nilai yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendis, Irjen, dan Balitbang akan sesuai dan tidak terlalu berbeda. Tetap semangat untuk tim kerja PMPZI,” jelas Sakdiyah.

Setelah acara paparan singkat dan sambutan-sambutan, tim kerja PMPZI bersiap menyiapkan seluruh evidence untuk kemudian dinilai oleh verifikator.(Fitri-Khusnul/Sua).