Samakan Persepsi, Pengelola DIPA Ikuti Rapat Koordinasi

Salatiga – Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga, H. M. Soleh Mubin, memimpin Rapat Koordinasi Rutin Pengelola DIPA di Aula Kankemenag Kota Salatiga, Jum’at, (29/01). Rapat dihadiri oleh pengelola DIPA tiap seksi, bendahara, dan perencana.

Dalam arahan yang disampaikan Kasubbag TU, pengelola dimohonkan untuk menyiapkan rencana kegiatan dalam bentuk time schedule dan ada singkronisasi antara pengelola, bendahara dan perencana terkait dengan pengelolaan anggaran. Selain itu beliau juga menyampaikan untuk setiap seksi agar membuat laporan baik program kegiatan maupun keuangan setelah selesai kegiatan.

“Setiap kegiatan apapun, harus ada laporan secara tertulis. Buatkan juga undangan, daftar hadir, notulen, dan dokumentasi  karena semua itu bisa dijadikan eviden,” jelas Mubin.

Beliau menambahkan semua ASN di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga harus mempunyai kontribusi dalam pembangunan ZI, termasuk pengelola. Dalam kesempatan yang sama, Perencana, Setiyo Winarso menyampaikan, ada tiga hal yang harus diperhatikan.

“Yang pertama, pengelola harus membuat jadwal kegiatan dari RKAKL supaya bisa terpantau dan ada nilainya. Kemudian yang kedua adalah untuk segera revisi RKAKL apabila kiranya ada anggaran yang tidak sesua. Untuk tahun 2021 ini, revisi harus diselesaikan awal tahun, sehingga kedepannya di akhir tahun tidak ada lagi revisi urgent. Dan yang ketiga adalah cermati SBM 2021,” jelasnya.

Lebih lanjut Bendahara Sekjen, Fuad Hanafi mengharap semua pengelola untuk memaksimalkan belanja bahan dan perjalanan dinas sesuai dengan standar biaya. Ditambahkan oleh Penyusun Laporan Keuangan selaku Bendahara Pendis, belanja modal diharapkan untuk dilaksanakan di awal tahun dan pengelola untuk membuat time schedule kegiatan setiap bulannya.

Di akhir rapat, Kasubbag TU mengharapkan ada persamaan persepsi dan tujuan dalam pengelolaan anggaran. “Apa yang telah menjadi kesepakatan bersama dalam rapat ini semoga dapat dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan program-program yang telah direncakan dan tetap mengacu pada aturan yang ada,” pesannya.