Begini Kesibukan Asri Pandu Lomba Online Masa Pandemi

Rembang – Memandu anak-anak untuk mengikuti lomba online tingkat SD/MI membutuhkan kesabaran. Setidaknya itulah yang dirasakan oleh Dwi Asri, guru MTsN 4 Rembang yang ditunjuk menjadi panitia lomba mapel online yang diadakan dalam rangka Harlah MTsN 4 Rembang ke-46. Lomba ini diadakan pada Rabu (3/1/2021) dan ditujukan untuk siswa-siswi kelas 5 dan 6 SD/MI.

Asri dan rekan-rekan panitia mulai berjibaku dengan lomba ini sejak beberapa hari sebelum pelaksanaan lomba. Tentu dibantu oleh guru-guru lainnya. Diungkapkannya, karena peserta lomba ini adalah siswa-siswi SD, banyak yang bertanya tentang mekanisme lomba. Banyak pula yang tidak faham caranya. Hal ini lantaran peserta terdiri atas siswa-siswi SD di desa yang begitu faham teknologi.

“Harus sabar bu, karena mereka ini banyak yang innocent di bidang teknologi. Maklum, anak-anak dari desa,” kata Asri ketika diwawancara Selasa (3/1/2021).

Namun bagaimana pun juga, Asri harus melayani pertanyaan demi pertanyaan yang peserta ajukan. “Sehingga dari beberapa hari sebelumnya hingga simulasi dan menjelang pelaksanaan, saya disibukkan dengan menjawab pertanyaan peserta via whatsapp atau telepon,” ujar Asri.

Dua tahun

Lomba ini diadakan dalam rangka Hari Lahir MTsN 4 Rembang yang yang ke-46. Lkarena masa pandemi, lomba digelar secara online. Lomba ini bukan pertama kalinya. Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, lomba ini sudah diadakan dua tahun berturut-turut. “Alhamdulillah mendapatkan respon yang cukup baik dari  peserta didik SD/MI, baik dalam dan luar kota,” kata Masrum.

Jumlah peserta lomba tercatat sebanyak 241 siswa-siswi. Mereka berasal dari SD/MI di Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati. Sebelum pelaksanaan lomba, diadakan video pengenalan madrasah terlebih dahulu dan disampaikan sambutan oleh Kepala MTsN 4 Rembang.

Adapun mapel yang dilombakan yaitu Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika. Soal terdiri atas pilihan ganda. 25 persen di antaranya merupakan soal HOTS. Asri mengatakan, Demi melayani kenyamanan anak dalam mengikuti lomba, panitia memberikan pilihan 2 mode yaitu menggunakan link CBT dan link Goigle Form.” Anak dipersilahkan memilih mode mana yang lebih mereka anggap mudah,” kata Asri.

Pemenang berhak mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan.Daftar pemenang akan diumumkan besok Jumat (5/2/2021).– iq/qq