Kakankemenag Ajak LP Ma’arif Wujudkan Generasi yang Religius dan Humanis

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang mendukung LP Ma’arif NU Rembang untuk mengembangkan pendidikan di Kabupaten Rembang. Utamanya membenahi karakter peserta didik menjadi generasi yang religius dan humanis.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah dalam acara launching Lembaga Pendidikan Ma’arif Rembang pada Kamis (25/2/2021) di gedung PCNU Rembang.

Kakankemenag mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan LP Ma’arif untuk bersama-sama membangun pendidikan demi terwujudkan generasi yang berkualitas baik secara akademik, non akademik, dan berakhlakul karimah.

“Kemenag akan mendukung program LP Ma’arif dalam melakukan peningkatan kualitas serta pembenahan pendidikan di Rembang. Segala sesuatu nanti akan bersama-sama kita komunikasikan dan koordinasikan,” kata Kakankemenag.

Kakankemenag mengungkapkan, Kemenag RI akan meluncurkan banyak program terkait dengan pendidikan di madrasah. Program tersebut terkait dengan penguatan dan pemberdayaan madrasah. “Kami juga sudah menata kelembagaan di madrasah. Di antaranya dengan program kemitraan madrasah yang bertujuan untuk mengangkat madrasah yang kurang maju,” terang Kakankemenag.

Penataan lembaga tersebut dalam rangka menyongsong program Kemenag RI. “Jadi ketika semua madrasah sudah tertata, kita siap untuk melaksanakan program dari Kemenag RI,” ujarnta.

Kakankemenag juga menyoroti pola perilaku peserta didik yang cenderung merosot dalam masa pandemi ini. Menurutnya, Pembelajaran Jarak Jauh menjadikan siswa kurang bersosialisasi dengan lingkungan. Sebaliknya, mereka cenderung akrab dengan perangkat gawai.

“Ini yang menjadi tugas kita bersama. Termasuk tugas LP Ma’arif. Kami bersama-sama mengajak LP Ma’arif untuk membentuk peserta didik menjadi generasi penerus yang religius dan humanis,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini Ketua LP Ma’arif NU Rembang yang juga mantan Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, Ketua PCNU Rembang, H. Ahmad Sunarto, Kasubag TU Kemena Rembang Moh. Mukson dan lainnya. — iq/qq