Kakankemenag serahkan SK kepada sejumlah penyuluh Agama Katholik dan Kristen

Rembang – Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah menyerahkan SK kepada tujuh penyuluh Agama Katholik dan Kristen. Serah terima ini diadakan pada acara rakor Guru dan Penyuluh Agama Kristen dan Katholik pada Selasa (16/2/2021) di RM Prau Kuno Rembang.

Tujuh orang tersebut terdiri atas dua penyuluh Agama Kristen, yaitu Ida Kristiyaningsih dan Herlina. Sementara lima orang lainnya merupakan Penyuluh Agama Katholik. Mereka adalah Ag. Sumanto, Susanawati, Angela Dina, Stefanus Novian S, dan Yosua Alfabet Yosy P.

Kakankemenag mengatakan, penyuluh agama merupakan corong Kementerian Agama dalam membangun visi dan misinya. Di antara visi misi tersebut adalah bersama-sama melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam membangun kerukunan umat beragama.

“Penyuluh dan Guru Agama itu merupakan profesi yang mulia. Mereka menjalankan misi keagamaan dan vis kenegaraan. Visi misi ini harus diselaraskan untuk meningkatkan kualitas umat beragama dan membangun keharmonisan kehidupan beragama di Indonesia,” kata Fatah.

Penyelenggara Katholik Kemenag Rembang, Yohanes Hariyadi mengatakan, rakor diadakan untuk membahas tentang modernisasi beragama dan tantangan guru dan penyuluh agama.

Tantangan yang dihadapi di antaranya adanya degradasi moral bangsa yang terindikasi dari masih maraknya kejahatan di masyarakat. Baik narkoba, pencurian, perampokan pembunuhan  dan sebagainya. Selain itu kejatahan virtual yang disebabkan karena pesatnya perkembangan teknologi informasi. Selain itu juga permasalahan yang timbul dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. “Ini lah yang menjadi tantangan kita ke depan,” pungkasnya. — iq/qq