Kakankemenag Silaturahim ke Sejumlah Ulama

Rembang – Guna meningkatkan silaturahim dengan stakeholder, Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah mengadakan silaturahim ke sejumlah stakeholder. Setelah bersilaturahim ke Bupati Rembang baru-baru ini, Kankemenag sowan ke tokoh agama, yaitu KH Abdul Qoyyum Manshur dan KH Zaim Ahmad pada Selasa dan Rabu (16-17/2/2021).

Kedua kyai ini merupakan tokoh ulama di Rembang. KH Abdul Qoyyum atau yang akrab disapai Gus Qoyyum merupakan pengasuh Ponpes An-Nur Lasem. Sedangkan KH Zaim Ahmad atau yang lebih familiar disapai Gus Zaim merupakan pengasuh Ponpes Kauman Lasem.

Kunjungan Kakankemenag ini bertujuan untuk memohon masukan dari ulama terkait dengan keberadaan Kementerian Agama di tengah-tengah masyarakat Rembang. Tidak banyak masukan yang diutarakan oleh Gus Qoyyum. Kyai yang merupakan putra dari KH Manshur ini mendoakan agar kepemimpinan Kakankemenag yang baru ini membawa berkah bagi masyarakat Rembang.

Sementara dengan Gus Zaim, Kakankemenag berdiskusi tentang program-program yang menjadi prioritas kinerja Kemenag. Salah satunya adalah penguatan pesantren di tengah masyarakat Indonesia.

Menurut Gus Zaim, program penguatan pesantren yang diselenggarakan oleh Kemenag ini sangat diapresiasi oleh pengelola pesantren. Bagaimana pun juga, pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia.

Kakankemenag mengatakan, sebagai dukungan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama terhadap keberadaan pesantren, ada kebijakan baru yang diterbitkan, yaitu kemudahan izin operasional bagi pesantren yang merupakan cabang pesantren induk. 

Kunjungan Kakankemenag ke sejumlah tokoh agama dan masyarakat ini masih akan terus dilanjutkan dengan waktu yang tentatif.– iq/qq