Kreatif, Pohon Pisang Dijadikan Rakit untuk Salurkan Bantuan Korban Banjir

Semarang –  Setelah menyalurkan bantuan sembako kepada sejumlah masyarakat korban banjir di Semarang (Kecamatan Genuk dan Sayung), tim MTsN 2 Rembang melanjutkan aktivitas Tim Peduli Bencana MTs Negeri 2 Rembang masih melanjutkan kegiatan sosial.

Tim Peduli Bencana MTsN 2 Rembang mendirikan dapur umum untuk Posko dan Distribusi Logistik pada Kamis (11/2/2021). Posko ini menyiapkan masakan siap saji dan disalurkan di rumah-rumah penduduk.  Posko dapur umum ditempatkan di halaman Radio Mutiara Qur'an Genuk yang kebetulan berada di tempat yang agak tinggi dan tidak terendam air sedangkan distribusi bantuan disalurkan juga ke wilayah yang ada di kecamatan Sayung Kabupaten Demak.

Menurut koordinator tim, Sugiarto Syahrozi, dapur umum sengaja dibuat mengingat masih banyak rumah penduduk yang terendam air. Sehingga peralatan rumah tangga juga banyak yang tidak bisa di manfaatkan. “Bagaimana penduduk mau masak, kompor saja tidak bisa nyala, alat untuk masak pun juga tidak bisa dimanfaatkan walaupun ada bahan makanan. Untuk itu kami dirikan dapur umum bagi penduduk,” ungkap Sugiarto.

Karena medan yang masih terendam air, distribusi makanan di Dusun Dempel  Desa Kalisari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak diadakan denagn memanfaatkan batang daun pisang untuk dijadikan rakit sebagai sarana mengangkut makanan. “Alhamdulillah kami dibantu warga mengangkut makanan dengan rakit pohon pisang ini,” kata Sugiarto.

Terpisah, Kepala MTs Negeri 2 Rembang, M. Yunus Anis saat diwawancarai di ruang kerjanya menyampaikan apresiasi terhadap langkah-langkah Tim Peduli Bencana MTs Negeri 2 Rembang. “Kami salut tim turun langsung ke lapangan dan bisa membantu meringankan beban korban bencana banjir. Saya tetap mengizinkan mereka melaksanakan kegiatan sosial di sana,” ungkap Yunus Anis.(Wient/iq/qq)