KUA Serentak Aplikasikan Inovasi Layanan Pesan Instan Jawab Otomatis

Rembang – Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Rembang menginisiasi penerapan layanan pesan instan jawab otomatis di seluruh KUA di Kabupaten Rembang. Beberapa KUA sudah menerapkan layanan daring ini sejak diadakan pelatihan yang digelar oleh APRI pada Rabu (17/2/2021) di KUA Kecamatan Sluke.

Inovasi layanan ini pertama kali diterapkan oleh KUA Kecamatan Sarang 1 tahun 2020. Disusul oleh KUA Kecamatan Sluke dan KUA lainnya, yaitu Kecamatan Sedan, Pamotan, Pancur, Sulang, Lasem, Kragan, dan KUA lainnya.

Kepala KUA Kecamatan Sluke, M. Subhan mengatakan, pembuatan layanan daring berupa whatssapp autoanswer tersebut merupakan komitmen KUA untuk mengadakan inovasi layanan. “Pada Rabu, 17 Februari kemarin, kami mengadakan pelatihan pembuatan Whatsapp autorespon dan pembuatan blog KUA. Targetnya adalah, semua KUA bisa membuat layanan daring ini,” kata Subhan.

Subhan menambahkan, setiap KUA bisa mengembangkan inovasi layanan lainnya. Semisal layanan informasi melalui akun media sosial lainnya, atau layanan lainnya yang inovatif. “Pengembangan layanan tersebut diharapkan bisa memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Sebagaimana whatsapp autorespond ini merupakan aplikasi yang sangat ramah bagi masyarakat. Karena hampir semua orang punya aplikasi ini. Selain itu, dengan media sosial ini, pelayanan akan semakin efektif, cepat dan efisien,” lanjutnya.

Subhan menjelaskan, layanan informasi yang tertera di whatsapp autoanswer ini merupakan layanan informasi yang menjadi tugas dan fungsi KUA. Antara lain terkait nikah, haji, wakaf, musala, dan lainnya.

“Inovasi layanan informasi KUA ini bertujuan untuk mendukung Kemenag Rembang dalam melaksanakan pembangunan Zona Integritas Menujuk Wilayah Bebas Korupsi,” pungkasnya.– iq/qq