Lantik Dua Pejabat Penghulu, Ini Pesan Kakankemenag

Klaten – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten, Anif Solikhin, melantik dan mengambil sumpah jabatan dua orang fungsional penghulu di lingkungan Kemenag Katen di Aula lantai 2 Koppenda Kemenag Klaten, Selasa (9/2). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha, para Kasi dan Penyelenggara.

Dalam sambutan Kakankemenag Kabupaten Klaten menjelaskan, jabatan itu adalah amanah yang harus di pertanggung jawabkan bukan hanya kepada atasan tetapi yang lebih penting di hadapan Allah SWT. Pelantikan ini bukan sekedar kegiatan seremonial, tapi mengandung sebuah tanggung jawab yang besar.

“Laksanakan tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik baiknya, bekerjalah dengan ikhlas, jujur, disiplin dan profesional dengan selalu menjaga marwah Kementerian Agama,” tandas Anif.

“Mutasi dan promosi jabatan adalah hal yang biasa terjadi sesuai dengan kebutuhan organisasi, saya berharap terutama yang pada hari ini mendapat kepercayaan, jangan sia-siakan kesempatan ini, tinggkatkan citra KUA itu menjadi lebih baik,” ucapnya.

Menurut Anif, menjadi penghulu merupakan tugas yang berat karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sebab itu, ia berharap penghulu dapat menjadi teladan dan contoh yang baik untuk masyarakat.

“Selain itu, tugas penghulu harus bisa menjamin kebenaran pelaksanaan pernikahan, harus paham kompilasi hukum Islam terkait nikah rujuk. Syukur bisa dikembangkan dengan kajian kitab kuning serta harus mempelajari mendalam tentang aturan undang-undang perkawinan,” harap Anif.

“Penghulu oleh masyarakat dianggap orang yang mampu keagamaan, berikan teladan dan contoh yang baik, bagaimanapun kita itu adalah pelayanan masyarakat,” katanya.

Ia juga mengingatkan, para penghulu agar bekerja sesuai aturan yang berlaku, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

“Jika bertugas diniati dengan keikhlasan, maka Allah akan menolong. Bekerja dengan baik, disiplin, amanah,  membantu masyarakat secara umum dan menjalin komunikasi. Amanah ini jika dikerjakan dengan baik akan mendapat pahala dari Allah,” imbuh Anif.

Adapun dua orang penghulu yang dilantik adalah Budi Santoso bertugas di KUA Kecamatan Klaten Tengah dan Zainal Abidin bertugas di KUA Kecamatan Polanharjo.(ms_aj/Sua)