Ma’had Aly Iqna Ath-Thalibin luluskan 79 mahasantri

Rembang – Ma’had Aly Iqna Ath-Thalibin Sarang mengadakan wisuda perdana pada Jumat (5/2/2021). Pada wisudah perdana ini, Ma’had Aly yang menginduk di Ponpes Al-Anwar Sarang ini berhasil meluluskan 79 mahasantri dari berbagai daerah di Indonesia.

Wisuda Ma’had Aly Iqna Ath-Thalibin ini merupakan wisuda perdana.  Pada lembaga yang diasuh oleh KH Najih Maimun, Iqna Ath Thalibin telah meluluskan 79 mahasantri dari berbagai daerah di Indonesia.

KH Najih Maimun selaku pengasuh Ma’had Aly secara langsung memberikan kalung wisuda kepada mahasantri.

Dalam sambutannya, Gus Najih mengatakan, berdirinya Ma’had Aly di Al-Anwar Sarang tidak lepas dari usaha ayahanda KH Maimun Zubair dan berkahnya KH Asad Syamsul Arifin yang mendirikan Ma’had Aly di Situbondo.

“Hubungan antara Situbondo dan Al Anwar sangat erat. Putra-putri Mbah Mun ingin ada Ma’had Aly meskipun  sederhana. Tapi akhirnya sekarang sudah bisa mandiri. Ini tak lepas dari jasa Mbah Mun,” ujar Gus Najih

Gus Najih menyampaikan rasa syukurnya, Ma’had Aly diupayakan pemerintah menjadi lembaga pendidikan tinggi formal berbasis pesantren yang setara dengan Perguruan Tinggi lainnya,”Ini harus kita syukuri,” katanya di hadapa mahasantri yang telah diwisuda.

Turut hadir pada wisuda ini, Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, Pengasuh PP Ar-Anwar KH Abdur Rouf Maimun serta KH Idror Maimun, Kakankemenag Kabupaten Rembang M. Fatah, Kasubag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Jateng, Afief Mundzir dan Kasubag TU Kemenag Rembang, Moh. Mukson. — iq/qq