Monitoring Instruksi Menteri Agama ke KUA Sidorejo

Salatiga – Dalam rangka menekan laju penularan Covid-19, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota mendapat instruksi dari Menteri Agama untuk melakukan sosialiasi penerapan disiplin protokol kesehatan di lingkungan satkernya. Demikian halnya dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, hari ini melakukan kunjungan monitoring sekaligus sosialisasi ke KUA Kecamatan Sidorejo, Senin, (08/02).

Kakankemenag disambut dan diterima langsung oleh Kepala KUA Kec. Sidorejo, Sirojudin di ruang kerjanya. Dalam kunjungan ini, beliau menyampaikan kepada Kepala KUA untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Agama seperti menerapkan protokol  kesehatan sebelum memberikan pelayanan nikah di lokasi tempat nikah dan kepada penyuluh untuk melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan 5M di kelompok binaannya dengan melibatkan lembaga kegamaan binaan di RT/RW/desa/keluarahan seperti Majelis Taklim, Sekolah Minggu. Kemudian, kepada staff untuk menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan 5M pada setiap aktifitas di kantor maupun di luar kantor.

Selain monitoring, kunjungan Kakankemenag dimaksudkan untuk menjalin silaturahim dengan ASN di KUA Sidorejo. Bincang santai dengan Kepala KUA Sidorejo membahas hal-hal seputar pelayanan nikah, wakaf, penyuluh, pengembangan LPTQ dan lain-lain. Kepala KUA Sidorejo merasa sangat senang atas kunjungan Kakankemenag ke KUA Sidorejo. Beliau berharap, jalinan kerja sama antar pemangku kebijakan di Kankemenag Kota Salatiga akan terus terjalin demi terciptanya sinergitas dalam melayani masyarakat.

Sementara itu, Kakankemenag dalam arahannya menyampaikan tugas penyuluh yang sesungguhnya. “Tugas penyuluh adalah memberikan penyuluhan, hadir dalam berbagai event yang masih menjadi wilayah kerjanya, dan jangan memposisikan diri sebagai pegawai administratif. Penyuluh harus mempunyai program kerja yang bermanfaat untuk masyarakat,” jelas Taufiqur Rahman.

Pada akhir kunjungannya, Kakankemenag berpesan kepada semua pegawai di KUA Sidorejo untuk senantiasa menjaga marwah Kementerian Agama. “Saya berpesan kepada semuanya untuk menjaga marwah Kementerian Agama melalui kinerja kita, seperti disiplin, berangkat pulang kerja sesuai jam kerja, dan tunjukkan loyalitas pada pimpinan kita,” pesan Taufiq.(Fitri-Khusnul/Sua)