Permudah Layanan Haji dan Umrah Dengan Scanner

Salatiga –  Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga melalui Kasi PHU, Hj Retno Worowidati, menerima bantuan peralatan berupa scanner untuk Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Scanner yang masuk pengadaan TA 2020 tersebut diantar dan diserahkan langsung oleh H. Ahmadi, Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler pada Bidang Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Kamis, (04/02). Penyerahan scanner disaksikan oleh Kakankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman. Selain scanner, diserahkan pula KMA Nomor 811 Tahun 2020 tentang Izin Penyelenggaraan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Sebagai Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah, serta buku manasik haji.

Kepala Kankemenag Kota Salatiga menyampaikan terima kasih dan berharap alat yang diserahkan dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan. “Saya mengucapkan terima kasih mendapatkan scanner yang sangat bermanfaat untuk memindai dokumen- dokumen jamaah haji, mengingat saat ini pengiriman dokumen lebih banyak berbentuk paperless,” ungkap Taufiqur Rahman.

Dalam waktu dekat, diperkirakan semua berkas pendaftaran haji berupa KTP, KK, akte kelahiran, validasi setoran awal dari Bank akan diunggah di Siskohat bersamaan dengan proses pendaftaran. Oleh karenanya sangat diperlukan perangkat yang mendukung yaitu berupa scanner. Hal yg melatarbelakanginya adalah masa tunggu dalam kurun waktu lama, sehingga perlu arsip digitalen. Mengingat untuk arsip manual akan semakin terbatas tempat penyimpanannya.

“Ini merupakan pemanfaatan teknologi dan informasi untuk peningkatan layanan masyarakat. Saya berharap Seksi PHU Kota Salatiga dapat memanfaatkan scanner dgn sebaik-baiknya dalam rangka penyelesaian dokumen dokumen jemaah haji.” tambah Taufiq.

Dengan fasilitas yang diberikan tersebut, Kasi PHU berharap semoga menambah semangat dan meningkatkan prestasi staff Seksi PHU dalam pelayanan terhadap jemaah haji.(Fitri-Khusnul/Sua)