Baznas Gandeng KUA Distribusikan Zakat kepada Mustahiq

Rembang – Badan Amil Zakat Nasional(Baznas) Kabupaten Rembang bekerjasama dengan KUA Kecamatan mengadakan pendistribusian Zakat, Infaq, dan sedekah tahap I di seluruh kecamatan. Bantuan ini secara simbolis didistribusikan pada Kamis (25/3/2021) di kantor Baznas Rembang.

Hadir dalam acara ini Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz. Ketua Baznas Rembang, Abdul Wahid Hasby menyebutkan jumlah bantuan yang didistribusikan sebanyak Rp.918.600.000.

Hasby menyebutkan, bantuan diberikan kepada delapan mustahiq di setiap desa se-kabupaten Rembang. Delapan orang tersebut terdiri atas tiga orang fakir miskin, dua guru madin, satu orang marbot, dan 2 anak yatim piatu.

Masing-masing mustahiq yang dewasa menerima bantuan senilai Rp 400ribu dengan rincian, Rp.250ribu berupa uang tunai dan Rp150ribu berupa paket sembako.

“Paket sembako terdiri atas minyak goreng sebanyak 4704 liter, gula pasir sebanyak 48 kuintal, biskuit 2352 kaleng, teh 2352 pack, mie instan 11.360 bungkus, beras 11.076 kilogram, dan tas kain sablon,” kata Hasby.

Sedangkan anak yatim mendapatkan bantuan Rp 200ribu uang tunai dan Rp150ribu paket sembako. “Untuk bantuan anak yatim piatu sedikit berbeda, masing-masing orang mendapat Rp. 200 ribu. Dengan total bantuan senilai Rp. 117.600.000. Sementara untuk guru madin mendapat Rp. 250 ribu, dan marbot masjid Rp. 250 ribu. Total pengeluaran uang tunai Rp. 558.600.000, berarti yang kita salurkan jumlahnya sesuai dengan yang terpampang di spanduk di hadapan kita,” jelas Hasby.

Bantuan juga diberikan kepada sejumlah penerima dalam program Rembang Sehat. Bantuan tersebut yaitu dana untuk operasi tempurung kepala kepada Zahra Lailatul Husna dari desa Pakis Kecamatan Sale, bantuan kaki palsu kepada Tarwilah dari Desa Terjan Kecamatan Kragan, bantuan kaki palsu kepada Yami dari Desa Langkir Kecamatan Pancur dan bantuan kursi roda kepada Dwi Prasetyo dari Desa Langkir Kecamatan Pancur.

Kepala KUA Kecamatan Pancur, Asmui mengatakan, bantuan di Kecamatan Pancur diadakan di depan kantor Kecamatan Pancur. Kepala Desa diminta untuk membantu distribusi kepada mustahiq dibantu oleh Penyuluh Agama Islam. Asmui berharap, bantuan yang diberikan kepada mustahiq dan bantuan program Rembang Sehat kepada dua warga Pancur diharapkan memberikan manfaat untuk kehidupan yang lebih baik.  — iq