Isra Mi’raj, Kemenag Imbau Jajaran Ikuti Peringatan Disiarkan Nasional Secara Virtual

Salatiga — Kepala Kantor Kementerian Agama (KakanKemenag) Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman mengikuti Peringatan Isra Mi’raj di kediamannya secara virtual. Acara tersebut digelar Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI)  dilaksanakan di Auditorium HM.Rasjidi, Gedung Kementerian Agama RI,  Rabu (10/3) mulai pukul 19.30 sampai 21.00 WIB.  

Peringatan Isra Miraj tahun ini mengambil tema “Spirit Isra Mi’raj Dalam Membangun Moderasi Beragama,” yang dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas serta jajaran Kementerian Agama RI.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman sebelumnya menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Salatiga dan jajarannya untuk berpartisipasi mengikuti pelaksanaan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tingkat Kenegaraan tahun 1442 H/2021 M. Imbauan ini disampaikan Kakankemenag Kota Salatiga atas instruksi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

“Kami harapkan kepada seluruh ASN Kementerian Agama Kota Salatiga untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, sembari kita merenung perjuangan dan perjalanan Rasullah ketika menerima perintah shalat,”ajaknya.

Ditambahkan oleh Taufiq kegiatan peringatan Isra Mi’raj dengan menghadirkan penceramah Ustaz Dasad Latif dapat diikuti dari rumah via zoom meeting : https//us02we.zoom.us/j/81126404419 dengan meeting Id 81126404419 dan passcode (400290)

 “Kita juga dapat menyaksikan di layar TVRI dan mendengarkan RRI dan  media lainnya selama 2 jam di rumah masing-masing,” kata Taufiq.

Sementara itu Taufiq berpesan kepada ASN di lingkungan Kementerian Agama Kota Salatiga untuk mengambil hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bekerja. Dan bagi masyarakat yang melaksanakan peringatan Isra Mi’raj tahun ini agar tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitasi dan interaksi dan menjauhi kerumunan, pesan Taufiq.

Acara Isra Mi’raj diisi dengan sambutan oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam Peringatan Isra Mi’raj secara virtual itu, Menteri Agama (Menag)  Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya meminta masyarakat khususnya umat Islam untuk menebarkan nilai-nilai spirit persatuan dalam peringatan Isra Mi’raj. Spirit Isra Mi’raj itu harus dilihat dalam konteks moderasi beragama d Indonesia.

“Keseimbangan, keberkahan, musyawarah dan persatuan adalah spirit yang dibutuhkan negara dalam membangun kehidupan harmoni ditengah keberagaman suku agama dan ras berdasarkan Pancasila, “ kata Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut Menag sebagian hikmah nilai-nilai spirit Isra Miraj tadi dapat ditemukan di Pancasila.
“Salah satu spirit Isra Mi’raj adalah nilai keadilan, terlihat dari Nabi Muhammad SAW dalam shalat 5 waktu. Adil dalam tradisi Islam bukan berarti sama rasa sama rata, tapi memberikan sesuatu sesuai proporsinya. Akhir kata mari kita membangun Indonesia yang maju,  kita doakan agar bangsa kita dibebaskan dari wabah dan marabahaya, papar Gus Yaqut

(HumasKhusnul-Fitri)

 

 

 

 

 

 

 

I