Kakankemenag: Kekuatan Lembaga Bergantung pada Data

Rembang – Data mempunyai peran penting dalam menentukan keberhasilan suatu lembaga/instansi. Dengan data yang akurat dan lengkap, maka tujuan organisasi akan tercapai.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah ketika memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi Manejemen Siaga Seksi PAIS Kankemenag Kabupaten Rembang yang digelar pada Rabu (31/3/2021) di Hotel Kencana Rembang.

Fatah mengatakan, data sangat berperan dalam keberhasilan organisasi. “Siapa yang mempunyai data yang kuat, itu yang akan mencapai tujuannya,” kata Fatah di hadapan sekitar 40 peserta.

Karena pentingnya data ini, lanjut Fatah, guru PAI di sekolah umum harus tertib dalam memperbaharui data, utamanya di aplikasi Sistem Informasi Guru Agama (Siaga). “Kita harus mulai menggeser mindset kita untuk memperkuat data, utamanya data digital agar kita tidak ketinggalan zaman. Kalau di PAI ya di aplikasi Siaga ini,” ujar Fatah.

Fatah meminta peserta agar menyimak materi selama dua hari dengan serius. Apa yang menjadi pertanyaan selama ini agar disampaikan kepada narasumber.

Dalam kesempatan ini, Fatah juga menyampaikan pentingnya peran Guru Agama dalam memberikan literasi kepada peserta didik mengenai moderasi beragama sebagaimana yang menjadi salah satu prioritas Menteri Agama. “Kita tidak bisa ikut orang yang begitu ekstrim ke kiri dan ke kanan. Kita ini ummatan wasathan, umat yang di tengah. Hal ini harus kita tanamkan pada anak didik kita. Tugas kita untuk mengukir mental anak didik kita,” tandas  Fatah.

Sosialisasi ini akan digelar selama dua hari, Rabu – Kamis (31/3/2021 – 1/4/2021) di Hotel Kencana, Rembang. Bertindak sebagai narasumber yaitu dari tim Bidang PAI Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Muh. Arif Zaini dan Muhammad Andi Lala. —  iq