Kakankemenag Tinjau Langsung Kegiatan Donor Darah

Salatiga — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Salatiga , H. Taufiqur Rahman meninjau langsung kegiatan pelaksanaan donor darah yang digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) kota Salatiga, Jum’at (12/3).

Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Salatiga, Kakankemenag meninjau langsung proses demi proses yang dilakukan guna menghasilkan darah terbaik untuk didonorkan.

Di sela-sela kegiatan, Taufiq mengatakan menyambut baik kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PMI Kota Salatiga. Kegiatan ini sangat membantu saudara-saudara kita yang memerlukan darah dan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Kemenag kota Salatiga

Diakhir penyampaiannya Taufiq sangat mengapresiasi dan terima kasihnya kepada teman-teman Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag kota Salatiga yang dengan sukarela mendonorkan darahnya. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial di masa pandemi seperti tahun ini. Dan sebagai bentuk sumbangsih keluarga besar Kemenag kota Salatiga terhadap kebutuhan darah di kota Salatiga.

“Semoga kegiatan ini, bisa menambah stok darah PMI kota Salatiga, untuk selanjutnya di salurkan kepada saudara-saudara kami yang membutuhkannya, pungkas Taufiq.

Sebelumnya perwakilan dari PMI Kota Salatiga, Malikhah mengatakan maksud dan tujuan diadakan donor darah ini karena di masa pandemi seperti sekarang ini kurangnya stok pendonor dari instansi dan stok darah sudah kian menipis sehingga mengaktifkan instansi sebagai pendonor. Permintaan darah tiap bulannya minimal 1000 kantong untuk pemenuhan rumah sakit besar dan klinik-klinik di Salatiga. Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan pada masyarakat  akan pentingnya donor darah untuk kesehatan pribadi dan sosial dengan menolong sesama.

Ditambahkan oleh Malikhah, seorang pendonor darah harus memenuhi persyaratan yakni berat badan minimal 45  kg; tidak sedang minum obat, tidak sedang datang bulan; tidak menyusui anak; tidak pusing; tidak vaksin.

Kegiatan donor darah ini diikuti ASN Kemenag Kota Salatiga sejumlah 20 orang. Pelaksanaan donor darah  dihadiri langsung Kepala Kantor  Kemenag Kota Salatiga. (Humas/Khusnul/Fitri)