Kemenag Ikuti Doa Kebangsaan Lintas Agama Tahun 2021 Secara Daring

Salatiga — Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan doa kebangsaan Lintas Agama untuk Keselamatan bangsa dan kerukunan Masyarakat Indonesia yang dilakukan secara virtual. Doa Kebangsaan itu dimaksudkan sehubungan masih berkembangnya wabah pandemi covid-19 dan terjadinya bencana alam di beberapa daerah di Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama (KakanKemenag) Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman mengikuti Doa Kebangsaan Lintas Agama tahun 2021 di kediamannya secara virtual. Acara tersebut digelar Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI)  dilaksanakan di Museum Kebangsaan Nasional Jakarta. Kamis (18/3) mulai pukul 12.00 sampai 21.00 WIB. 

Doa Kebangsaan dihadiri Wakil Presiden RI, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas serta jajaran Kementerian Agama RI dan  Tokoh Lintas Agama.

Kepala Kemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman sebelumnya menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Salatiga dan jajarannya untuk berpartisipasi mengikuti doa kebangsaan lintas agama. Imbauan ini disampaikan Kakankemenag Kota Salatiga menindaklanjuti surat dari Sekretaris Jenderal Kemenag RI nomor :B-945/SJ/B.VII/1/BA.01/03/2021 tanggal 12 Maret 2021 perihal Doa Kebangsaan Lintas Agama 2021 

“Kami harapkan kepada seluruh ASN Kementerian Agama Kota Salatiga untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, sembari kita berdoa agar pandemi covid -19 segera hilang,”ajaknya.

Ditambahkan oleh Taufiq kegiatan Doa Bersama Lintas Agama dengan menghadirkan Wakil Presiden RI dapat diikuti dari rumah secara daring (online) dari tempat masing-masing melalui media online  menggunakan aplikasi zoom meeting,  dengan Meeting ID 87136927179 dan Passcode (391961).

 “Kita juga dapat menyaksikan di layar TVRI dan TV Nasional lainnya atau melalui jaringan daring (zoom Meeting, Streaming You Tube Official Kementerian Agama) dan  media lainnya di rumah masing-masing,” kata Taufiq.

Sementara itu Taufiq berpesan kepada ASN di lingkungan Kementerian Agama Kota Salatiga untuk selalu berdoa kepada Allah SWT karena doa merupakan cara terbaik dalam menangkal segala musibah. Dan juga mengambil hikmah  dari peristiwa wabah virus ini. Hikmah inilah yang nantinya perlu kita ambil sebagai pelajaran untuk memperbaiki hubungan kita kepada Allah SWT dan terlebih sebagai hikmah untuk memperbaiki kehidupan kira sebagai umat muslim untuk melangkah kepada arah yang lebih baik dan jalan yang diridhoi oleh Allah SWT,” tambahnya.

Diakhir sambutannya Taufiq, berpesan supaya ASN Kemenag Kota Salatiga untuk selalu berikhtiar dengan menerapkan pola hidup sehat dan  tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitasi dan interaksi dan menjauhi kerumunan, pesan Taufiq.

Dalam Doa Kebangsaan Lintas agama secara virtual itu, Menteri Agama (Menag)  Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk menyatukan rasa, memohon pertolongan Tuhan agar pandemi covid-19 dan musibah yang mendera bangsa Indonesia segera berakhir.

“Kita percaya bahwa musibah ini harus ditangani dengan pendekatan saintifik. Tapi kita juga harus berupaya dengan mengetuk pintu langit, melalui doa dan pengharapan kepada Tuhan Yang Maha Esa, “ kata Menag Yaqut Cholil Qoumas.

“ Salah satu upaya yang dilakukan saat ini adalah penguatan batin dengan melakukan doa kebangsaan bersama majelis-majelis agama dan ormas-ormas keagamaan, sambungnya.

Menurut Menag sebagai upaya untuk membangun optimisme dan semangat dalam menghadapi pandemi serta musibah yang terjadi.

“Tentu hal ini kita lakukan penuh bahwa Tuhan Yang Maha Mengasihi dan Maha Pemberi Pertolongan  kepada hamba-Nya,” pungkas Gus Yaqut. (Khusnul/Fitri)