Kemenag Klaten Gandeng Taspen Berikan Bekal Bagi ASN Masa Pensiun

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten bekerja sama dengan PT. Bank Mandiri Taspen mengadakan sosialisasi dan pengurusan tabungan hari tua dan pensiunan bagi ASN yang memasuki batas usia pensiun di lingkungan Kemenag Klaten di Aula Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Rabu, (10/3).

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari dan diikuti dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten yang mendekati pensiun pada tahun 2021 ini dan awal tahun 2022.

“Kami berharap agar para ASN yang akan memasuki pensiun mengetahui hak-hak apa saja yang diterima setelah memasuki masa pensiun dan kewajiban apa yang masih harus dipenuhi setelah purna tugas,” kata Anif Solikhin, Kakankemenag Klaten.

Kepada para peserta, Kakankemenag menegaskan bahwa setiap Aparatur Sipil Negara secara berkala akan memasuki masa pensiun, oleh karena itu informasi tentang pembekalan terkait administrasi ketaspenan dan proses pembayaran pensiunan sangat penting untuk diketahui.

“Kegiatan sosialisasi ini ditujukan untuk memberikan pembekalan setelah purna tugas. Bagi yang memiliki waktu luang, mungkin dapat dimanfaatkan dengan berwirausaha. Melalui kegiatan ini, ia berharap calon pensiun mempunyai wawasan untuk kreatif berwirausaha,” tegasnya.

ASN yang akan memasuki pensiun untuk dapat memanfaatkan masa kerjanya dengan sebaik-baiknya. “Nanti, manfaatkan juga tunjangan pensiun untuk hal-hal yang bermanfaat,” ungkapnya.

Ditandaskannya, kepada para ASN yang mengikuti sosialisasi ini untuk benar-benar diperhatikan, karena ASN yang sudah lama masa kerjanya pasti akan pensiun maka dari itu untuk mempersiapkan diri menjelang pensiun dan merancang strategi yang harus disiapkan. “Banyak informasi yang tidak benar terkait pengurusan tabungan pensiun. Tapi, dari kegiatan ini kita akan mengetahui bagaimana mengurus tabungan pensiun dan apa saja yang akan kita lakukan saat maupun sesudah pensiun,” ujar Anif.

ASN yang masih aktif untuk tetap bekerja memberikan kontribusi terbaik kepada Kementerian Agama. “Semoga setelah pensiun nanti, kita tetap sehat dan bisa menikmati masa tua dengan baik,” imbuhnya.(sw_aj/Sua)