Menpan RB Kunjungi Stan Kemenag di MPP

Salatiga — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo bersama Deputi Pelayanan Publik, Diah Natalisa dan Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta didampingi Wali Kota Salatiga, Yuliyanto meninjau stan Kementerian Agama di Mal Pelayanan Publik pada acara Peresmian MPP SMART Kota Salatiga, Jum’at (19/03). Beberapa saat sebelumnya, Menpan RB meresmikan secara langsung MPP SMART Kota Salatiga di halaman depan gedung MPP disaksikan oleh tamu undangan dari MenpanRB, pimpinan OPD,  jajaran forkompimda, serta rekan-rekan media.   

Dalam kunjungannya ke stan Kemenag, Tjahjo Kumolo menanyakan tentang pelaksanaan haji tahun ini. Dijelaskan oleh petugas MPP bahwa persiapan sudah dilaksanakan sebaik mungkin oleh Kemenag, termasuk pengurusan paspor. “Untuk keberangkatan jamaah, saat ini Kemenag masih mempersiapkan beberapa opsi penyelanggaraan ibadah haji, meliputi pemberangkatan dengan kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak ada pemberangkatan haji. Namun semua kepastian masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi.” Jelas Mudasir.

Disampaikan pula oleh petugas MPP lain, Idha Anifah, tentang jenis layanan yang diberikan Kemenag di MPP meliputi pelayanan pemberian informasi Haji dan Umrah, nikah, produk halal, pendaftaran Sistem Informasi Masjid (SIMAS), pelayanan pengukuran arah kiblat, dan pengurusan sertifikasi wakaf.

Sebelum beranjak ke stan selanjutnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan pesan kepada petugas MPP “Pasangan nikah yang masih muda dinasehati ya” ujar Ganjar sambil tersenyum. (Humas/Fitri-Khusnul)