Optimalkan Informasi, KUA Manfaatkan Media Sosial

Rembang – Informasi layanan KUA kepada publik sangat penting untuk mengetahui seberapa jauh layanan yang dilakukan oleh KUA untuk kemaslahatan masyarakat. Informasi tersebut kini sudah dilakukan secara online sebagaimana kecenderungan perkembangan teknologi saat ini.

Media sosial adalah sarana yang sangat tepat untuk penyebaran informasi. Hal ini telah dilakukan oleh semua KUA di Rembang. “Semua KUA kini telah mengembangkan layanan informasi melalui media sosial,” kata Kepala KUA Bulu, Nur Hamid, Selasa (16/3/2021).

Media sosial tersebut yaitu facebook, instagram, website/blog dan youtube. Ketiga media sosial ini sangat ramah bagi masyarakat. Sehingga informasi akan mudah diakses oleh masyarakat. “Seluruh KUA kini telah memanfaatkan media sosial tersebut untuk mendistribusikan informasi di KUA,” kata Hamid.

Kendati diakui SDM KUA sangat terbatas, namun KUA telah memanfaatkan tenaga penyuluh Agama dan pramubakti dalam mengoperasikan media sosial ini. “Beberapa KUA bahkan sudah aktif membuat meme dan mengunggah video melalui kanal Youtube tentang kegiatan dan informasi seputar layanan KUA,” lanjut Hamid.

Hamid menambahkan, media sosial ini juga dalam rangka menggali aspirasi, opini, dan masukan masyarakat terhadap kebijakan dan program pemerintah. “Selain itu juga membangun interaksi antara pemerintah dan masyarakat serta meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap kebijakan dan program pemerintah,” ungkapnya. — iq