Sebagian MA Mulai Adakan Ujian Hari Ini

Rembang – Sebagian Madrasah di Rembang mulai menggelar Ujian Madrasah pada hari ini. Ujian madrasah ini utamanya digelar pada tingkat MA. yang akan mengadakan ujian mulai hari ini hingga 22 Maret 2021.

Kasi pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Syadullah mengatakan, Ujian Madrasah ini ditujukan untuk kelas akhir semua jenjang sebagai pengganti Ujian Nasional. Pengadaan soal diadakan oleh masing-masing madrasah.

Sedangkan tekniknya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu dengan luring maupun daring. “Masing-masing madrasah ada yang menggelar secara daring, yaitu Ujian via internet, ada pula yang mengadakan secara luring dengan penugasan. Yang penting tetap memberlakukan protokol kesehatan,” terang Syadullah ketika diwawancara Senin (15/3/2021).

 Kaur Tata Usaha MAN 2 Rembang, Siti Asrofah mengatakan, pihaknya menggelar Ujian Madrasah mulai hari ini hingga akhir Maret nanti (15-31 Maret 2021). Ujian diikuti oleh 416 peserta didik, terdiri atas 5 kelas jurusan IPA, 5 kelas jurusan IPS dan 2 kelas jurusan keagamaan.

“Mereka ini mengikuti Ujian secara daring dan luring. Hari ini ada dua kelas yang mengikuti Ujian di madrasah secara daring tapi di madrasah, yaitu IPA 1 dan IPA 2. Pelaksanaannya di lima ruang laboratorium komputer. Masing-masing ruangan diisi 15 siswa dengan diawasi oleh proktor,” sebut Asrofah.

Dikatakan Asrofah, peserta akan mengikuti ujian madrasah secara bergiliran dengan tujuan agar mereka mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan ujian. “Kami adakan di kelas secara bergantian dengan peserta per ruangan yang sangat terbatas, “ ujar Asrofah. — iq