Ujian Madrasah Aliyah Dilaksanakan Secara Online

Salatiga — Ujian Madrasah Tingkat Aliyah Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021, dilaksanakan secara online/daring pada tanggal 15-25 Maret 2021. “Pelaksanaan Ujian Madrasah tahun 2021 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini pelaksanaan Ujian Madrasah diserahkan kepada Satuan Kerja masing-masing”, tutur H. Handono, selaku Ketua KKM MA Kota Salatiga

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Salatiga, H. Taufiqurrohman  telah mengadakan Bintek dengan mengacu pos UM secara umum, dan berpesan kepada Madrasah untuk di jauhkan soal UM yang berbau SARA maupun radikal. Pelaksanaan Ujian Madrasah tingkat Aliyah Kota Salatiga diikuti sebanyak 386 peserta didik kelas XII MAN Salatiga, 28 peserta didik  MA Tahfidz As Surkati. Waka Kurikulum H. Hadi Mulyanto mengatakan dalam pelaksanaannya telah terjadwalkan, tiap harinya peserta ujian mengerjakan 2 mata pelajaran, tiap mata pelajaran dibagi menjadi dua sesi. Hal tersebut  untuk meringankan peserta ujian saat mengirimkan jawaban dalam waktu yang bersamaan dalam jumlah yang besar, dan perpanjangan durasi  mengerjakan soal tiap mata pelajaran.

Untuk menghindari kendala selama Ujian Madrasah online, Panitia Ujian Madrasah telah menyiapkan strategi sebagai upaya memperlancar pelaksanaan Ujian Madrasah, di antaranya menggunakan Aplikasi Candy yang sudah dimodifikasi engine-nya dengan tampilan mirip UNBK. Kelebihannya wali kelas bisa memantau secara realtime, aplikasi telah dipasang VPS (Virtual Private Server), serta dilengkapi banyak fitur, salah satunya fitur anti curang (fitur ini berfungsi untuk meminimalisir tingkat kecurangan peserta ujian).

Selain itu, Madrasah juga melakukan sosialisasi & edukasi kepada wali kelas yang dilanjutkan ke peserta didik kelas XII, sehingga peserta didik sebelum melaksanakan Ujian Madrasah online telah memperoleh pencerahan.

Monitoring Pelaksanaan Ujian Madrasah di MAN Salatiga dilaksanakan pada Jum’at, 19 Maret 2021 oleh tim monitoring Munif Ma’nawi dan Ika Widyawati dari Kanwil Kemenag Jawa Tengah serta H. Saifudin dari pengawas madrasah Kemenag Kota Salatiga.

Hasil monitoring, secara garis besar tingkat keikutsertaan peserta ujian bagus, begitu juga  kedisiplinan peserta ujian, dan yang lebih penting lagi peserta ujian lebih mudah mengakses ujian dalam rangka mendukung suksesnya ujian. Prestasi Penting, Jujur yang Utama. (Humas/Fitri-Khusnul-Saifudin)