Wujudkan Visi, Misi serta Program LPQ Terukur Dan Tercapai

Salatiga — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag)  Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman membuka acara Musyawarah Daerah (MUSDA) Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Qur’an (BADKO LPQ) kota Salatiga di SDTQ Annida Kota  Salatiga, Sabtu (13/03) dengan tetap memenuhi protokol kesehatan.

Hadir dalam acara, Kepala Kantor Kemenag kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Sekretaris Badko LPQ Provinsi Jawa Tengah. H.M. Nur Fawzan Ahmad, Perwakilan Bagian Kesra Setda Kota Salatiga, Nurudin dan Pengurus Badko LPQ Kota Salatiga.

Dalam sambutan pengarahannya Kakankemenag kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman menyampaikan nasehat dan motivasi kepada hadirin untuk semangat dalam berjuang untuk Al Qur’an. Beliau menyampaikan saat ini pengembangan Al Qur’an lebih mudah dari pada jaman dahulu, dengan banyaknya metode-metode pembelajaran Al Qur’an. Dengan metode atau teori yang baru dapat mempercepat dalam pembelajaran Al Qur’an, namun jangan ditinggalkan metode yang sudah ada selama ini, tuturnya.

Ditambahkan oleh Taufiq kehadiran lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ) adalah lembaga pendidikan Islam untuk anak-anak yang menjadikan anak-anak mampu membaca Al Qur’an  secara baik dan benar yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. LPQ sangat berperan dalam mendidik dan melahirkan generasi muslim yang cinta dan mengamalkan ajaran Islam yang sesuai dengan syari’ahnya dan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat serta mampu menghadapi era globalisasi saat ini.

“Tujuan LPQ adalah menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap Al Qur’an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap Al Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari,”tandas Taufiq.

Diakhir sambutannya Taufiq mengharapkan didalam organisasi seperti LPQ ini penting adanya visi dan misi yang memuat program kerja yang mudah dilaksanakan. Pada masa pandemi covid-19 ini buat program kerja yang terukur dan tercapai dengan harapan program bisa dilaksanakan dan bukan angan-angan semata. Dan untuk intensitas pertemuan pengurus lebih ditingkatkan, pungkas Taufiq.

Sebelumnya Ketua Panitia Musda Badko LPQ kota Salatiga, Syarifudin melaporkan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mereorganisaasi pengurus dan menyusun program kerja Badko LPQ kota Salatiga, dikarenakan kepengurusan yang lama sudah berakhir sehingga diadakan Musda untuk memilih pengurus yang baru .

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas kelembagaan Badko LPQ dengan terbentuknya kepengurusan yang baru,” katanya.

Musda diikuti seluruh Badko LPQ di Kota Salatiga yang berjumlah 180 lembaga dengan rincian 30 lembaga mengikuti Musda secara langsung atau tatap muka sedangkan yang lain melalui virtual.

Diakhir musda terpilih sebagai ketua Badko LPQ masa bakti 2021-2026 yakni Murtadho Penyuluh Agama Islam Kemenag Kota Salatiga.  (Humas/khusnul-Fitri).