Agenda Rutin Pembinaan ASN Kembali Digelar

Salatiga — Menjadi agenda rutin tiap bulan, Pembinaan ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga kembali digelar dalam rangka meningkatkan profesionalisme serta memupuk gairah dalam bekerja bagi pegawainya, Senin (12/04). Kali ini, giliran Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang bertugas dalam kegiatan pembinaan tersebut. Berlangsung di Aula Kankemenag Kota Salatiga, kegiatan dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kasubbag TU, para Kasi dan Penyelenggara, Pejabat Struktural dan Fungsional,  Penghulu, Kepala KUA, dan seluruh ASN di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga.   

Mengawali arahannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman yang didampingi Kasubag TU dan Kasi PHU memberikan apresiasi kepada petugas Seksi PHU yang telah melaksanakan tugas seluruh rangkaian persiapan pembinaan dengan baik.

Sebelumnya dalam laporan penyelenggaraan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kasi PHU) Hj. Retno Worowidati mengatakan memberikan informasi haji tentang Tugas dan pokok (Tusi) Seksi PHU. Seksi PHU sebagaimana dimaksud dalam PMA nomer 13 tahun 2012  pasal 430 mempunyai tugas melakukan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan serta pengelolaan data dan informasi di bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Dijelaskan oleh Retno, Fungsi PHU yakni penyiapan kebijakan teknis dan perencanaan program di bidang Haji dan Umrah; Pelaksanaan pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang pendaftaran, dokumen, akomodasi, transportasi, perlengkapan haji, pengelolaan keuangan haji, pembinaan jemaah haji dan umroh; pengelolaan sistem informasi haji dan evaluasi dan penyusunan laporan di bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Selanjutnya Retno memaparkan program perubahan/proper yang telah dilaksanakan oleh Seksi PHU seperti manasik haji  yang diikuti oleh siswa MTsN dan siswa SMA/SMK Pondok Pesantren Agro Nuur El Falah Salatiga dalam bentuk tayangan video yang dikemas dengan sangat menarik.

Dalam acara pembinaan ASN ini juga diberikan SK Purna Tugas kepada dua ASN Kankemenag Kota Salatiga atas nama  Umar Farok Guru MTsN dan Crisentia Rini Guru PAK, selanjutnya juga diberikan piagam STTPL kepada Utik Mugiarti, Rusyanti, Estiani, Siti Choiriyah, Samsul dan yang terakhir Kakankemenag juga memberikan SK Alih Tugas kepada pelaksana Anggun Taruna Putra, dan Laila Tajrijiyah. (Humas/Khusnul-Fitri)