Jelang Ramadan Kemenag Gelar Rakor Sub Bag TU

Salatiga —  Peran Sub Bag Tata Usaha (Sub Bag TU) sangat vital, dengan bidang tugas yang kompleks. Tugas Pokok dan Fungsi Sub bag Tata Usaha adalah memberikan pelayanan teknis dan administrasi, utamanya dalam bidang perencanaan, perlengkapan, tata usaha, rumah tangga, keuangan dan kepegawaian di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab/kota. Sub Bagian  TU diharapkan dapat membantu dan menunjang pelayanan di semua Seksi dengan baik. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga , H. Taufiqur Rahman pada Rapat Koordinasi Sub Bag TU, Senin (12/4) di RM Ayam Pak Kampret Salatiga.

Rakor yang digelar menjelang Ramadan tersebut dihadiri Kakankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, Kasubbag TU, H. M. Sholeh Mubin dan semua staf dari masing-masing ruangan dilingkungan Sub Bag Tata Usaha, mulai dari bagian keuangan, Perencana, Humas, Analis Kepegawaian, Arsiparis,  Pranata Komputer, Umum, Pengelola dan BMN  Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Kakankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman  mengatakan Sub Bagian Tata Usaha menempati posisi yang sangat sentral dan penting di suatu Instansi di Kementerian Agama.

“Paling ada lima pekerjaan besar di Subbag TU, meliputi Perencanaan, Analis Kepegawaian, Keuangan, Kehumasan dan KUB,” ujarnya.

Taufiq  menyapaikan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menginventarisir permasalahan dan kebutuhan yang sering dialami di kantor Kementerian Agama khususnya di Subbag TU, guna dicarikan solusinya.

Ditambahkan oleh  Taufiq, Sub Bag TU selaku barometer maka harus selangkah lebih maju dari Seksi yang lain, lanjutnya

“Kepala Sub Bagian Tata Usaha merupakan pengendali dari keseluruhan Kantor, dan menjadi tolak ukur maju atau tidaknya Kantor. Dalam tatanan di lingkungan Kantor Kementerian Agama, Kasubag TU mengendalikan bagian umum, kepegawaian, keuangan, perencanaan, Kehumasan dan KUB,” tambah Taufiq.

Adapun hal penting yang disampaikan oleh kakankemenag Kota Salatiga antara lain pertama Pelayanan di Subbag TU harus pelayanan prima maka perlu ditingkatkan dengan mengacu pada kesan yang menyenangkan serta memiliki program salam, senyum dan sapa dan dititik titik tertentu dilakukan penyegaran. Kedua Subbag TU dalam pelayanannya melayani secara internal dan eksternal; Ketiga Subbag TU jadi barometer maka selangkah lebih maju hindari gagal focus untuk mencapai konsentrasi yang maksimal dalam setiap pekerjaan, tambahnya.

Diakhir Sambutannya Taufiq  berharap, Masukan dan usulan demi perbaikan Kemenag kedepan  tetap kita harapkan demi kondusifnya suasana dilingkungan Kantor Kemenag, membangun komunikasi baik dengan internal maupun eksternal seperti dengan SKPD, Pemkot dan masyarakat, amat kita harapkan, pungkasnya.(Humas/Khusnul-Fitri)