Kemenag Gelar Lomba Peringatan Kartini

Salatiga— Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar lomba keluwesan dan puisi dalam rangka Peringatan Hari Kartini, Jum’at (9/4) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Lomba keluwesan dan puisi diikuti perwakilan dari RA, MI, MTs, MA dan pegawai dari Kantor Kemenag kota Salatiga dengan tema lomba tentang perempuan dan Kartini. Peserta mengapresiasikan kemampuan mereka dalam berpuisi.

Adapun lomba berlangsung meriah, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Juara lomba tersebut mendapat trofi dan hadiah lainnya.

Ketua DWP Kankemenag Kota Salatiga, Hj. Qiqi Taqiyah Taufiqur Rahman mengatakan tujuan memperingati hari Kartini adalah memperingati dan menghormati perjuangan RA Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum gender di semua bidang.

“Banyak hikmah yang diperoleh dengan peringatan Hari Kartini . Diantaranya agar perempuan bisa sejajar dengan pria, terutama dalam memperoleh kesempatan meraih pendidikan  dan berkarya mendukung pembangunan bangsa,” katanya.

Ditambahkan oleh Hj. Qiqi bahwa Peringatan Hari Kartini ini sebagai bentuk kecintaan kepada RA Kartini yang merupakan pejuang emansipasi wanita. Maka sebagai bentuk kecitaan dan mengenang jasa-jasa beliau diadakan berbagai macam lomba seperti sekarang ini. Dengan adanya lomba-lomba tersebut diharapkan dapat memicu kreatifitas dan bakat.

“Lomba-lomba khas Kartini ini sengaja kami gelar untuk memeriahkan Hari Kartini. Acara ini juga sebagai pengingat agar Kartini milinial tak lupa akan budaya , yang seyogyanya tetap dibawanya sebagai seorang perempuan,’ jelasnya.

Sebagai pembuka lomba, Hj. Qiqi juga unjuk kebolehan membacakan puisi karyanya di dihadapan peserta.

Selanjutnya Hj. Qiqi berharap kepada  seluruh anggota DWP Kemenag untuk bisa mencontoh semangat perjungan RA Kartini. Dengan cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, pungkasnya.

Adapun sebagai pemenag lomba keluwesan dan baca puisi yakni : Untuk lomba keluwesan juara Pertama perwakilan dari Kankemenag,  Juara dua perwakilan MI dan juara tiga perwakilan dari RA. Sedangkan untuk baca puisi juara pertama perwakilan dari KUA, juara dua perwakilan dari MAN sedangkan juara tiga perwakilan dari kankemenag Kota Salatiga. (Humas/Khusnul-Fitri).