Kemenag Luncurkan Program Semarak Ramadan

Rembang – Guna menyemarakkan Ramadan 1442 H, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Seksi Bimas Islam melaunching program Gebyar Ramadan 1442 H. Acara ini diadakan pada Senin (12/4/2021) di ruang rapat setempat dan digelar secara tatap muka serta virtual dengan aplikasi zoom.

Program ini diluncurkan oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah dengan disaksikan oleh semua pejabat Kemenag, serta pejabat dan jajaran KUA yang mengikuti acara secara virtual.

Adapun kegiatan yang diluncurkan tersebut adalah tadarus Al-quran, takhtimul Alqur’an, podcast Ramadan, gerakan infaq dan santunan Ramadan, serta semarak amal Ramadan oleh Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kemenag Rembang.

Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muchyidin mengatakan, tadarus Al-quran dilaksanakan selama hari kerja pada pukul 10.30 WIB – selesai. “Setiap hari kami target khatam 2 juz,” kata Ali.

Sementara itu, takhtimul quran dilaksanakan pada hari terakhir yang ditargetkan selesai pada pertengahan Ramadan. Adapun podcast Ramadan, dilaksanakan dua kali seminggu dengan menghadirkan narasumber Penyuluh Agama Islam PNS/non PNS. “Podcast ini bertema seputar Ramadan dan kajian Islam,” kata Ali.

Adapun infaq dan santunan Ramadan akan melibatkan partisipasi seluruh ASN Kemenag untuk berbagi kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

“Amal Ramadan oleh FKPAI dilaksanakan tiga kali selama Ramadan dan dikonsetrasikan di tiga wilayah KUA, yaitu bagian barat, tengah dan timur. “Pada kegiatan ini diadakan santunan bagi fakir miskin,” pungkasnya. — iq