Rukyatul Hilal Akan Diadakan di Binangun, Lasem.

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang berencana akan menggelar rukyatul hilal pada Senin, 12 April 2021 di Binangun Lasem. Rukyatul hilal ini untuk menentukan awal Ramadan 1442 H.

Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Rembang, Ali Muchyidin mengatakan,rukyatul hilal ini diadakan pada Senin sore menjelang magrib. Terpilihnya lokasi karena dinilai mempunyai pandangan yang cukup luas untuk melihat hilal.

“Lokasi sudah kami tentukan di Binangun, Lasem. Kami laksanakan pada Senin sore 12 April 2021 atau 30 Sya’ban,” kata Ali ketika diwawancara Rabu (7/4/2021).

Ali mengatakan, Kabupaten Rembang merupakan salah satu titik dari 86 lokasi di seluruh Indonesia. “Dalam rukyatul hilal nanti, kami akan melibatkan ulama ahli falak. Masyarakat umum boleh ikut serta mengikutinya,” kata Ali.

Dijelaskan Ali, hasil rukyatul hilal ini akan disampaikan langsung kepada Kementerian Agama RI yang pada saat itu menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadan di Jakarta. Sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah, sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriyah.

Dikutip dari laman kemenag.go.id, sidang Isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama dan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, dan dihadiri oleh pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI.

Sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Sesi ini akan dimulai pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung. Tahap kedua, sidang isbat awal Ramadan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup. Dan tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI dan Medsos Kemenag. — iq