PAT MI Akan Digelar mulai Akhir Mei

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Penilaian Akhir Tahun (PAT) tingkat MI akan digelar akhir Mei 2021. Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh madrasah untuk menggelar PAT ini.

Kepala MIN 1 Rembang yang juga selaku Plt Kepala MIN 2 Rembang, Badrudin mengatakan, PAT MIN 1 dan MIN 2 Rembang akan digelar pada 2-12 Juni 2021. Pelaksanaan ini sesuai dengan Kalender pendidikan.

Badrudin mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan PAT ini antara lain perangkat penilaian, naskah, hingga motode penilaian. Semua siswa peserta PAT akan menggunakan aplikasi e-learning produk Kementerian Agama RI.

“Karena aplikasi e-learning sudah komplit, termasuk sudah ada format CBTnya. Kami akan menggunakan e-learning untuk PAT,” kata Badrudin ketika diwawancara Selasa (25/5/2021).

Sementara itu, pelaksanaan PAT di MI An-Nashriyah, Kecamatan Lasem digelar secara daring. Kepala MI An-Nashriyah, Zainal Muttaqin mengatakan, sistem daring ini sesuai dengan hasil rapat dengan wali siswa dan konsultasi dengan satgas Covid19 tingkat Kecamatan Lasem. “Karena masih pandemi, dan hasil rapat dengan ortu siswa serta konsultasi dengan Puskesmas Lasem, akhirnya kami menggelar PAT dengan daring,” kata Zainal.

PAT akan diadakan pada 28 Mei – 5 Juni 2021. Pihaknya membuat jadwal yang berbeda –beda untuk tingkatan kelas. Kelas 1 dan 2 pada 31 Mei – 5 Juni. Adapun kelas 3,4 dan 5 diadakan pada 28 Mei – 5 Juni. “Untuk aplikasi kami memakai moda google form,” ujar Zainal.

KTSP

Badrudin mengatakan, selaku ketua KKMI, pelaksanaan PAT di tingkat MI tahun ini diselenggarakan oleh madrasah masing-masing. Termasuk kisi-kisi soal dan penyusunan soal. Badrudin mengatakan, hal ini bertujuan untuk membentuk kemandirian madrasah sesuai yang diperintahkan oleh Direktur KSKK Madrasah beberapa waktu lalu.

“Kemandirian inilah yang merupakan esensi dari KTSP, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Sehingga sejauh mana kualitas madrasah itu akan dinilai dari bagaimana madrasah tersebut menggelar PAT,” jelas Badrudin.  — iq