Terpusat di MAN 2 Rembang, 18 Siswa MA Ikuti KSM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Sebanyak 18 peserta didik MA mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (19/9/2021). KSM yang digelar secara online ini dipusatkan di MAN 2 Rembang.

Sebanyak enam mata pelajaran dilombakan dalam KSM jenjang MA ini. Yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Lomba terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama pukul 07.30-09.30 WIB untuk mapel Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi. Sedangkan sesi II diadakan pada pukul 10.00 – 12.00 WIB untuk mapel Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

“18 siswa ini mengikuti KSM dengan protokol kesehatan ketat. Selama dua jam, mereka berjibaku dengan soal dan diawasi oleh petugas pengawas,” kata Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Syadullah ketika diwawancara Minggu (19/9/2021).

Adapun untuk MI dan MTs dijadwalkan Senin (20/9/2021). Untuk MTs terjadwal pada pukul 07.30-09.30 WIB. Sementara untuk MI pada pukul 10.00-11.30 WIB.

Sebelumnya, pada Sabtu malam (18/9/2021), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad membuka KSM secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Kemenag dan madrasah seluruh Jawa Tengah melalui media zoom dan youtube.

Kakanwil mengatakan, KSM merupakan ajang untuk berkompetisi secara sehat antar siswa madrasah. “KSM adalah sebgai wahana kompetisi yang mengolaborasikan sains dan niai-nilai lslam dan sesuai dengan kontaeks Alquran. Metodenya menggunakan konsep terapan dan sains yang ada,” kata Kakanwil.

Kakanwil juga berharap, baik orang tua maupun guru bisa mendorong siswa untuk menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan inovatif dengan menggunakan ide dan gagasan mereka. “Kita harus selalu mendampingi mereka, di saat senang dan putus asa. Kita beri mereka semangat, nasihat dan motivasi. Termasuk di KSM ini. Bersama orang tua, guru, dan pembimbing semoga mereka bisa meraih yang terbaik,”pungkasnya. — iq