SKI SMK/SMA Kota Salatiga Gelar Perhelatan Lomba Islamiyah

Pembina SKI, Dulhadi berfoto bersama para pemenang Lomba Islamiyah

Salatiga — Seksi Kerohanian Islam (SKI) atau Rohis SMK/SMA se-Kota Salatiga menyelenggarakan Lomba Islamiyah yang  diikuti oleh  16 sekolah se-tingkat SMK / SMA dengan mengusung tema “ Menjalin ukhuwah islamiyah  Milineal Salatiga.” Pelaksanaan lomba kali ini  digelar di SMK Negeri 3 Salatiga, Jl. Jakfar Shodiq, Kalibening Tingkir dan dilaksanakan secara  tatap muka dengan menerapakan protokol kesehatan  secara ketat. Dulhadi mewakili pembina SKI se- Kota Salatiga menyampaikan ucapan terima kasih  yang tak terhingga kepada  pengurus SKI Kota Salatiga atas penyelenggaraan perhelatan lomba Islamiyah  .

Kegiatan  lomba Islamiyah ini pada hakekatnya adalah bagian  dari pentas PAI (Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam) yang sebelum pandemi covid 19 diadakan oleh Kantor Kementerian Agama Islam Kota Salatiga setiap tahun. Sebagai kegiatan tahunan, diharapkan perhelatan lomba  ini dapat menjadi sarana untuk menciptakan ekosistem yang baik bagi anak-anak dalam mengaktualisasi kemampuan mereka di bidang ketarampilan dan seni Pendikan Agama Islam. Selain itu, diharapkan dapat mengembangkan bakat dan potensi dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa mendatang.

Sebagai bagian dari pembinaan  pendidikan karakter, lomba ini juga tak terukur nilainya. Dalam arti  subyektif yang mendekati obyektif,  karena anak-anak  yang dipilih  menjadi pemenang lomba adalah anak yang terbaik menurut penilaian.

“Kepada anak-anak  yang ikut lomba, diucapkan selamat dan bagi yang belum beruntng meraih kejuaraan,  tetap semangat karena kalian semua kelak akan menjadi orang besar yang membanggakan .” ujar Dulhadi saat mengakhiri  kata sambutan.

Mengingat keterbatasan dana yang dimilki oleh pengurus SKI SMK/SMA se- Kota Salatiga, cabang lomba yang diadakan kali ini hanya meliputi tilawah,kaligrafi dan khitobah.. Maklum  untuk mendukung kegiatan tersebut, hanya dengan mengandalkan dana  gotong royong sebesar Rp. 200.000 bagi sekolah negeri atau swasta yang bersedia mengirimkan siswa siswinya untuk mengikuti lomba. Kendati demikian, dari 19 SMK dan 5 SMA  se-Kota Salatiga yang bersedia memberikan dana gotong royong dan bersedia mengirimkan siswa siswinya  dalam perlombaan ini  hanya 13 sekolah dari SMK dan 3  dari SMA .

 Kepala SMK Negeri 3 Salatiga, Ir.Nanik Sundari, M, M, yang  berkenan membuka acara, mengucapkan selamat dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran pengurus SKI SMA/SMK se-Kota Salatiga atas penyelenggaraan lomba Islamiyah ini.  Nanik Sundari berharap kegiatan yang luar biasa ini diharapkan dapat diselenggarakan setiap  semester (di jeda semester) atau paling tidak setiap tahun sekali. Karena kegiatan lomba  yang  diikuti  oleh putra putri terbaik dari SMK/SMA Kota  Salatiga dapat memupuk dan mempererat ukhuwah islamiyah di kalangan para pelajar Islam. Selain itu juga dapat  dijadikan sarana untuk  menggelorakan syiar Islam di Kota Salatiga.

”Besar harapan kami, semoga  generasi milenial ini memiliki akhlakul karimah, teguh keimanannya, mantap keislamannya dalam menghadapi tantangan zaman,” tegas Nanik Sundari berapi-api.

Dalam sambutannya, Kepala SMK Negeri 3 Salatiga juga berharap kepada guru Pendidikan Agama Islam harus lebih pro aktif dalam membimbing siswa-siswinya dalam menghadapi goncangan arus kehidupan yang berdampak pada menurunnya kualitas keiamanan para pelajar. Jangan sampai ada yang murtad  atau mengalami erosi keimanan.   

Setelah melalui persaingan yang cukup ketat dari peserta lomba yang  menjadi wakil terbaik dari masing-masing sekolah, panitia penyelenggara dari pengurus SKI se-Kota Salatiga mengumumkan pemenang dari masing-masing cabang lomba.  Untuk cabang lomba kaligrafi , juara 1 adalah Miftahul Huda dari SMKN 2 Salatiga. Juara 2 adalah Rono Anggraeni dari SMK Islam Sudirman dan juara 3 adalah Atala Rizki (SMAN 2 Salatiga). Untuk cabang lomba tilawatil qur’an, juara 1  adalah Shinta Andari  dari SMAN 2 Salatiga, juara 2  adalah  Dewi Nawang dari SMKN 1 Salatiga   dan juara 3 adalah Muhammad Muzani Rois dari SMKN 3 Salatiga.  Untuk cabang lomba  khitobah atau dakwah, juara 1 adalah Yusuf Badarudin   dari SMA Plus Muhammadiyah , juara 2  adalah Anisa Nika Latifah dari SMKN 2 Salatiga   dan juara 3 adalah  Dewi Lingga Saputri dari SMKN 3 Salatiga.

Semoga kegiatan lomba islamiyah SKI SMK/SMA Kota Salatiga dapat mendorong anak-anak  dalam meningkatkan prestasinya di bidang ketrampilan dan seni Pendidikan Agama Islam. (Humas/Dulhadi)