Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Android Bagi Guru RA

Salatiga — Bertempat di Aula RA Al Azhar Salatiga, dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Android bagi Guru RA se Kota Salatiga, Selasa (30/11). Kegiatan tersebut merupakan realisasi program kerja PGRI Cabsus Kemenag Salatiga tahun 2021. Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 s.d 14.00 itu dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Salatiga. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya penguasaan berbagai media pembelajaran untuk memaksimalkan dalam pembelajaran, terlebih untuk anak RA. Semakin berkembangnya teknologi, maka harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan terlebih bagi guru RA.

Dalam laporan panitia penyelenggara Laila Muthoharoh, M. Pd bahwa kegiatan diikuti oleh perwakilan guru RA se-Kota Salatiga berjumlah 31 peserta, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengasah kembali kemampuan guru dalam penguasaan media pembelajaran sekaligus menjadikan motivasi untuk selalu berkembang. Adapun sumber dana berasal dari PGRI Cabsus Kementerian Agama Kota Salatiga dan swadaya dari lembaga RA. 

Pemateri pada pelatihan ini adalah bapak Muhammad Safari, M. Pd yang sekaligus guru SD Kutowinangun 4 Kota Salatiga, beliau adalah pakar dalam IT dan media pembelajaran. Menurut beliau dalam penguasaan media pembelajaran harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus menerus, tidak mudah putus asa dan selalu mencoba.

Ketua PGRI Cabsus Kemenag Salatiga Ruchani, M. Pd.I menyampaikan bahwa program harus disusun dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, rencana pada tahun 2022 PGRI Cabsus Kemenag Salatiga akan menggandeng stakeholder diantara Bebras IAIN Salatiga, Progdi PGRA IAIN Salatiga, Dewan Pendidikan Kota Salatiga dan sebagainya dalam upaya meningkatkan guru-guru di RA maupun MI Kota Salatiga. (Humas/Ruchani)