PTP, Latih Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Peserta Didik

Rembang — Pramuka merupakan salah satu sarana dan media yang tepat dalam menanamkan pendidikan karakter terhadap siswa-siswi. Pramuka juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam membekali siswa dengan berbagai ketrampilan, kedisiplinan, tanggung jawab dan kemandirian. Oleh karena itu, peserta kegiatan diwajibkan untuk fokus, konsentrasi dan mengikuti kegiatan penerimaan tamu penggalang dengan sungguh-sungguh.

Demikian disampaikan Kepala MTs Tauhidiyah Pomahan, Mohammad Miftahudin saat memberikan sambutan pada acara pembukaan pelantikan penggalang ramu, rakit dan terap, Sabtu (25/12/2021) di lingkungan MTs Tauhidiyah.

Kegiatan pelantikan berlangsung sehari dan diikuti oleh 102 peserta yang terdiri dari siswa kelas 7 dan kelas 8, ditambah 25 dewan galang kelas 9 serta civitas akademika dari MTs Tauhidiyah Pomahan Kecamatan Sulang.

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk peserta didik MTs Tauhidiyah menjadi Cendikia yang berkualitas, dengan parameter diantaranya yaitu berkarakter, mandiri dan disiplin,” ungkap Nur Fitri Febriyani selaku pelatih pramuka sekaligus guru Bahasa Indonesia

Bermacam materi yang disampaikan di antaranya scouting skil (tali temali, morse, sandi, menaksir), outbond, yel-yel pramuka, PBB dan lain-lain.

“Kegiatan kepramukaan di madrasah ini sesuai dengan program kerja pramuka yang ditujukan untuk membentuk kader pramuka yang berwawasan luas, memiliki kemampuan manejerial kepramukaan yang baik dan lain-lain,” ujar pembina Pramuka, Adi Dian Nugroho.

Kegiatan diakhiri dengan pelantikan pramuka penggalang Rakit dan Terap, serta pembagian hadiah untuk regu tergiat putra dan putri.

Sita salah satu peserta mengaku merasa bangga dan senang, karena kegiatannya dikemas dengan menarik dan unik. Dengan mengikuti kegiatan diklat kepramukaaan, ia dan teman-temannya mendapatkan pengalaman dan wawasan baru dalam berpramuka. — dwi