Badko LPQ dan FKDT Lasem Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

Rembang – Badan  Koordinasi Lembaga Pendidikan Alquran (Badko) LPQ Kecamatan Lasem turut serta memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak Semeru. Bantuan ini disalurkan melalui program NU Lasem Peduli Semeru Tahap II untuk pemulihan prasarana masyarakat terdampak erupsi Semeru.

Pengurus Badko LPQ kecamatan Lasem, Mulyoko megataan, Badko LPQ kecamatan Lasem yang didukung oleh TPQ se-Kecamatan Lasem bersepakat membuat aksi sosial. Yaitu  menghimpun dana untuk membantu warga terdampak Semeru di Lumajang. Adapun penyalurannya dititipkan ke Lazisnu PCNU Lasem.

“Aksi ini sudah berjalan berkali-kali ketika ada bencana alam di Indonesia. Ini sudah keempat kalinya. Yaitu bencana Donggala, bencana Banten, dan Sulawesi, dan Semeru,” jelas Mulyoko ketika diwawancara Rabu (19/1/2022).

Selain itu, Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Lasem juga turut memberikan bantuan. Mulyoko mengatakan, Badko LPQ dan FKDT Kecamatan Lasem turut serta memberikan bantuan kepada masyarakat terdampa Semeru masing-masing senilai Rp3.050.000 dan Rp2.200.000. “Selain itu ada pula beberapa madrasah, TPQ dan masyarakat yang turut menyalurkan infaq bantuan dalam NU Peduli Semeri Tahap II ini,” kata Mulyoko.

Bantuan tahap II sudah disalurkan pada 10-19 Januari 2022 di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Dana bantuan tersebut digunakan untuk belanja material pembangunan dan proses finishing beberapa bangunan.

Di antaranya, MCK dan tempat wudhu Musholla Al-Ikhlas Desa Oro-Oro, MCK TPQ Desa Oro-Oro Ombo, MCK dan tempat wudlu Musholla Al-Khairat Desa Roro Ombo, MCK TPQ Nurul Islam Desa Roro Ombo.

“Alhamdulillah fasilitas tersebut sudah layak dimanfaatkan oleh warga sekitar. Terimakasih atas partisipasi donatur, semoga menjadi pahala abadi, kebajikannya mengalir tiada henti,” ujar Mulyoko. ( iq/rf).