Ide Besar Salatiga Untuk Magetan

Salatiga — Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menerima kunjungan kerja dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan yang dikemas dalam kegiatan Studi Banding Peningkatan Pelayanan Secara Terpadu. Rombongan sejumlah 16 orang terdiri dari Kepala Kankemenag Kabupaten Magetan, Kasubbag TU, dan Tim Zona Integritas tiba di Kantor Kemenag Salatiga pukul 08.00 WIB, Jum’at (29 Januari 2022) disambut dengan hangat oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S.Ag, M.SI beserta segenap jajaran.

Kantor Kementerian Agama Salatiga, kembali menjadi tempat tujuan studi banding Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. Kali ini datang dari wilayah timur, yakni Kantor Kementerian Agama Kab. Magetan. Rombongan sejumlah 16 orang terdiri dari Kepala Kankemenag Kabupaten Magetan, Kasubbag TU, dan Tim Zona Integritas tiba di Kantor Kemenag Salatiga pukul 08.00 WIB, Senin (29/11) . Kedatangan rombongan disambut dengan hangat oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S.Ag, M.SI beserta segenap jajaran.

Sebelum memasuki Aula, rombongan Kankemenag Kabupaten Magetan disambut meriah oleh tampilan Tim Yel-Yel yang beranggotakan ASN Kemenag Salatiga. Yel-Yel kebanggaan Kemenag Salatiga tersebut selalu disajikan saat mendapat kunjungan tamu spesial, sebagai bentuk penghormatan keluarga besar Kemenag Salatiga kepada tamu yang berkunjung. Memasuki ruang PTSP, rombongan disambut dengan ramah oleh satpam sebagai simbol keamanan dan kenyamanan instansi, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan petugas Front Office (FO).

Kunjungan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab .Magetan Jawa Timur beserta jajarannya menambah daftar daerah-daerah di Indonesia untuk melaksanakan studi banding Zona Integritas yang kali ini dikemas dengan tema Peningkatan Pelayanan Secara Terpadu. Bertempat di Aula Kantor, kegiatan seremonial diawali dengan pembukaan oleh pembaca acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Magetan, Muttakin, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara fisik Kemenag Salatiga begitu sederhana namun secara ide justru bisa menampilkan hal yang luar biasa dan nantinya bisa diadopsi di Magetan. Dan lebih lanjut akan berkomitmen untuk membangun Zona Integritas di satuan kerjanya berpijak pada studi banding yang dilakukannya di Kemenag Salatiga.

Kemudian disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S.Ag. M.SI dalam sambutannya, untuk  membangun zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi, setidaknya ada komitmen yang dibangun mulai dari pimpinan hingga jajaran paling bawah. Komitmen untuk berdisiplin juga komitmen untuk bersama-sama membangun Zona Integritas menuju WBK. Selanjutnya, melakukan pembinaan bagi ASN setiap bulannya guna meningkatkan kompetensi, mapping potensi ASN, membuat inovasi-inovasi kegiatan seperti peso madam, rumah moderasi dan membuat aplikasi layanan yang memudahkan layanan di masyarakat melalui simsalabim dan tak kalah pentingnya mengenalkan Kemenag Salatiga melalui media sosial dengan memaksimalkan peran Tim Kreatif.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sub Bag TU, H. M. Soleh Mubin selaku Ketua PMPZI juga memberikan paparan tentang 6 area perubahan secara gamblang. Di sela-sela kegiatan juga ditayangkan video tentang pembangunan Zona Integritas di Kemenag Kota Salatiga.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman oleh kedua belah pihak, saling bertukar cindera mata, doa, dan diakhiri dengan foto bersama. Kemenag Salatiga dengan kesederhanaan sarana dan prasarananya tapi menyimpan ide besar dan selalu menginspirasi daerah-daerah lainnya untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi.(Fitri-CC-Khusnul/Sua)