IGRA Gelar Bimtek Supervisi RA

Rembang – Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Rembang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Supervisi kepala Raudlatul Athfal pada Selasa (4/1/2022) di rumah makan Apung, Lasem.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Rembang, Sya’dullah. Acara yang dihadiri oleh kepala RA se-kabupaten Rembang ini menghadirkan narasumber Pengawas Madrasah, Abdul Aziz.

Kakankemenag memberikan motivasi kepada kepala RA untuk aktif dalam mengikuti berbagai kompetisi. “Mengingat sekarang sudah berlaku PTM, kami harap bisa menjadi motivasi guru dan siswa RA untuk berprestasi dalam berbagai kompetisi,” ujarnya.

Kakankemenag mencontohkan Ahmad Fahimi, Kepala MI Darus Sholeh Kragan yang berhasil menjuarai Kepala MI Berprestasi tingkat nasional tahun 2021. “Pak Fahimi itu sederhana, tapi punya potensi yang luar biasa. Bisa menjadi teladan untuk kita semua dalam bersemangat menggapai prestasi,” kata Fatah.

Abdul Aziz dalam paparan materinya mengatakan, supervisi ini bertujuan untuk mewujudkan  penjaminan,  pengendalian, dan  perbaikan mutu  pembelajaran sesuai  dengan tuntutan  kompetensi abad-21. “Supervisi ini untuk menghindari praktik  semata-mata penilaian  terhadap guru, namun  sebagai upaya  mewujudkan  pengelolaan  pembelajaran yang  profesional,” katanya.

Dia menambahkan, supervisi RA dapat dilaksanakan oleh pengawas madrasah, kepala madrasah  dan/atau guru sejawat yang ditunjuk oleh Kepala Madrasah untuk  melaksanakan supervisi pembelajaran.

Dalam kesempatan ini, Aziz juga memaparkan simulasi tahapan supervisi yang praktis kepada para peserta. — iq/rf