Kemenag Rembang Adakan Pendampingan Usaha Pesantren As-Sa’adah, Pamotan

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Seksi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren melakukan pendampingan kepada pondok pesantren As-Sa’adah, Desa Samaran, Kecamatan Pamotan, Rembang.

Pendampingan ini diadakan pada Rabu (26/1/2022) oleh Kasi PD Pontren Kemenag Rembang, Hanik Khuriana Noor Ahsani didampingi stafnya, Asrof masruf Dafaq.  Pendampingan dilakukan atas pengembangan usaha bidang pertanian ponpes As-Sa’adah yang membudidayakan tanaman khas, yaitu tanaman sacha inchi dan porang secara organik.

Kunjungan Hanik ini diterima langsung oleh pengasuh PP As-Sa’adah, Gus Ulinnuha beserta istri. “Kunjungan kami ini dalam rangka pendampingan usaha PP As-sa’adah yang kemarin mendapatkan bantuan dari Kemenag RI untuk program kemandirian ponpes,” kata Hanik ketika diwawancara Kamis (27/1/2022) di ruang kerjanya.

Hanik mengatakan, produksi kacang sacha inchi sudah dipanen dan bisa diolah untuk sayur, kopi dan teh. “Saya mencoba tehnya. Rasanya unik,” kata Hanik.

Hanik mengatakan, pihaknya mendukung penuh usaha PP As-Sa’adah ini yang mengembangkan usaha untuk kemandirian pesantren. Bahkan Hanik mendukung upaya Gus Ulin yang mewakafkan 1.000 pohon pertanian kepada santri pondok dan alumni.

“Kita dukung kemitraan dan kemandirian pesantren. Semoga bisa menjadi contoh dan motivasi untuk ponpes yang lain. Dan hasil tanaman semoga barokah untuk santri,” ungkap Hanik. (iq/rf)