Monev Triwulan Berakhir di 5 KUA

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui seksi Bimbingan asyarakat Islam mengakhiri monitoring dan evaluasi kinerja KUA triwulan 4 tahun 2021 di 5 KUA. Yaitu KUA Kragan, Sarang 1, Lodan, Sedan dan Sale.

Monev ini digelar pada Kamis (27/1/2022) dengan dipimpin oleh Kasi Bimas Islam, Ali Muhyidin didampingi beberapa staf. Monev ini mencakup pemeriksaan peristiwa nikah dan rujuk yang terjadi sepanjang Oktober – Desember 2021 di lima KUA tersebut.

Selain monev, juga diadakan pembinaan kepada seluruh pegawai KUA. Pembinaan mencakup kinerja KUA tahun 2022 dan kinerja para penyuluh Agama Islam Honorer.

Ali meminta 5 KUA yang ada di wilayah Rembang timur untuk segera melengkapi peristiwa nikah sekitar 10 tahun terakhir di aplikasi Simkah web. “Untuk penertiban data peristiwa nikah, kami minta semua KUA menginput peristiwa nikah dari sepuluh tahun terakhir di Simkah Web. Para staf KUA bisa dibantu oleh PAH,” kata Ali.

Penertiban data ini sekaligus dalam rangka digitalisasi data KUA menuju program revitalisasi KUA. “Dengan digitalisasi data ini, pencarian data akan lebih mudah dilakukan,” kata Ali.

Terkait kinerja KUA, Ali meminta agar KUA semakin meningkatkan pelayanan kepada publik. “KUA sebagai garda terdepan Kementerian Agama di tingkat Kecamatan harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Hal ini juga untuk mendukung pembangunan Zona Integritas Kemenag Rembang,” pungkas Ali. — iq/rf