MTsN 4 Rembang Jadi Rujukan Studi Banding Adiwiyata

MTsN 4 Rembang — MTs Negeri 4 Rembang menerima rombongan dari dua MTs sekaligus, yakni MTs AL Anwar Sarang dan MTs Riyadlotut Tholabah Sedan pada Sabtu (22/1/2022). Kujungan dua Madrasah ke MTsN 4 Rembang bermaksud untuk studi banding dan berbagi pengalaman mengenai program adiwiyata.

Seperti diketahui bahwa MTsN 4 Rembang sebelumnya sudah melaksanakan verifikasi madrasah adiwiyata pada 10 November 2021. Dua rombongan tim adiwiyata dari kedua madrasah tersebut dipimpin langsung oleh masing-masing Kepala madrasah masing-masing, yakni Ni’ammullah dari MTs Riyadlotut Tholabah Sedan dan Mawahib dari MTs Al Anwar Sarang.

Kepala Madrasah MTsN 4 Rembang, Masrum dan jajarannya dengan senang hati membagikan berbagai pengalaman selama MTsN 4 Rembang menjalankan program adiwiyata dari awal sampai verifikasi dan pascaverifikasi.

Penjelasan secara teknis dipandu oleh Ketua Tim Adiwiyata MTsN 4 Rembang, Dwi Asri Mulatsih. “Program adiwiyata meliputi kebersihan sanitasi drainase, pengelolaan sampah, penanaman pemeliharaan pohon tanaman, konservasi air, konservasi energi, inovasi, dan kader adiwiyata,” jelasnya. Dalam kesempatan itu, beliau memaparkan satu per satu komponen tersebut.

Acara diisi dengan sesi tanya jawab dan berkeliling di lingkungan MTsN 4 Rembang untuk melihat program penghijauan dan fasilitas-fasilitas penunjang adiwiyata yang sudah dilaksanakan.  Di ntaranya biopori, kolam ikan dan hidroponik, bank sampah, tempat pembuatan pupuk cair, kebun toga, komposter, hutan madrasah, dan lain sebagainya.

Kepala MTs Al Anwar Sarang dan MTs Riyadlot Tholabah Sedan menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan dan penjelasan berbagai pengalaman dari MTsN 4 Rembang. (EH/iq/rf)