ROHIS SMA/SMK Gelar Reorganisasi

Salatiga – Seksi Kerohanian Islam (SKI/Rohis) SMA/SMK Kota Salatiga mengelar kegiatan reorganisasi  untuk masa bakti 2022-2023 di Aula SMKN 1 Salatiga pada Sabtu (8/01/2022) yang lalu. Peserta reorganisasi yang terdiri dari pengurus Rohis periode 2021-2022 dan perwakilan siswa-siswi  anggota Rohis SMA/SMK se-Kota Salatiga  sangat antusias  dalam mengikuti kegiatan musyawarah tahunan sekaligus penguatan pembinaan akhlakul karimah.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Drs. H.Untoro, M.Pd, selaku Ketua MGMP PAI SMK Kota Salatiga  sekaligus sebagai Pembina Rohis SMA/SMK Kota Salatiga dan sejumlah pembina Rohis dari masing-masing sekolah dan para alumni Rohis.   Reorganisasi Rohis  yang  mengusung tema “Siap Menjadi Muslim Milenial Abad 21,” merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan  dalam rangka pergantian kepengurusan untuk  masa bakti dari tahun lalu ke tahun selanjutnya.

Kegiatan reorganisasi ini juga dijadikan sebagai  ajang untuk  melakukan penyegaran kepengurusan Rohis   dan mengokohkan rasa solidaritas antar pengurus Rohis dari masing-masing sekolah. Setelah reorganisasi, Rohis memiliki  pengurus baru yang akan bekerja selama setahun kedepan. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini reorganisasi dimulai dengan tausiyah dari guru pembina, dan pemberian motivasi dari para alumni Rohis. Yang menarik, para alumni  Rohis yang mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan materi menceritakan pengalaman tentang suka duka  menjadi anggota  Rohis. Sehingga membuat  para peserta termotivasi untuk setia berkhidmah dalam  oraganisasi Rohis dalam pengembangan diri..

Drs. Untoro, M.Pd, yang mendapat giliran untuk membuka acara kegiatan reoganisasi  Rohis SMA/SMK Salatiga, menyampaikan tentang perlunya melakukan pendampingan secara intensif  terhadap anggota Rohis  dalam rangka mengantisipasi  berkembangnya paham radikalisme, anti pancasila, dan intoleransi beragama. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikan Rohis sebagai program unggulan untuk menyebarkan pesan Islam sebagai rahmat  baik di kelas maupun di luar kelas.

Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sekaligus Pembina Rohis SMK Negeri 3  Salatiga, Dulhadi, S.Ag, M.Pd.I,  yang mendapat giliran  menyampaikan materi  tentang peran  Rohis di sekolah   menjelaskan berbagai  manfaat menjadi anggota Rohis.  Melalui ektra kurikuler Rohis, peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan keagamaan yang tidak diperoleh dalam pembelajaran di kelas. Memberikan sarana pembinaan, pelatihan dan pendalaman pendidikan agama Islam dan budi  pekerti  sebagai media untuk mengaktualisasikan potensi keagamaan peserta didik. Selain itu, melalui organisasi Rohis diharapkan dapat membentuk kepribadian muslim yang reprsentatif dalam upaya kaderisasi  Islam yang berkesinambungan. Sehingga syiar Islam dapat berkembang secara damai dan dinamis sesuai perkembangan zaman.

Selepas sholat dhuhur,  diisi  dengan materi  team building dari pengurus Rohis periode 2021/2022 yang dilanjutkan dengan sesi pembacaan AD/ART dan Musyawarah Pemilihan Pengurus Rohis yang baru.  Setelah melalui proses pemilhan pengurus atas dasar musyawarah mufakat, pengurus Rohis SMA/SMK Kota Salatiga masa bakti 2022-2023 dapat terbentuk.  Irfan Prihadana Bayu Saputra dari SMKN 2 Salatiga sebagai ketua dan Adrian Fernanda dari SMAN 1 Salatiga.(Dulhadi/Sua)